PPSN Bukti Kemenag Serius Perkuat Pramuka Santri

Jambi (Inmas) – Ketua Kwartir Nasional Budi Waseso (Buwas) mengapresiasi gelaran Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN). Menurutnya, ajang yang sudah kali kelima ini wujud keseriusan Kemenag dalam memperkuat gerakan pramuka di pesantren.

“Kegiatan ini menjadi bukti keseriusan Kemenag dalam memperkuat gerakan Pramuka di lembaga pendidikan Islam, khususnya pesantren,” ujarnya saat pembukaan PPSN V di Jambi, Kamis (25/10).

PPSN tahun 2018 berlangsung di Bumi Perkemahan Abdurrahman Sayoeti – Musa Sungai Gelam, Muaro Jambi. PPSN V mengusung tema “Pramuka Santri Menebar Kedamaian untuk Indonesia yang Kuat dan Berkarakter”.

Menurut Buwas, pendidikan kepramukaan berperan besar sebagai suplemen pendidikan formal di sekolah. Gerakan Pramuka menjadi wahana calon pemimpin bangsa masa depan untuk mempersiapkan diri dengan menempa kepribadian hidup.

“Mari bergiat dalam naungan panji pramuka berdasarkan Pancasila. Junjung tinggi persatuan dalam kebhinekaan. Itu aset bangsa,” pesan Buwas.

Sebelumnya, Ketua Panitia PPSN V yang juga Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin melaporkan bahwa kegiatan ini mengusung spirit budaya pesantren, nusantara, dan nasionalisme. Ada 12 yang akan berlangsung dari 24-30 Oktober 2018, antara lain: upacara, pembinaan mental spiritual (salat berjamaah, kultum, salat malam, dan muhasabah, tadarus alquran), teknik kepramukaan dan team building (out bound, tata rias, pppk, mencari jejak), iptek (sablon dan cetak, jurnalistik, reportase, dan bordir), kesakaan  (bahari, kalpataru, pariwosata, kencana, taruna, wanabakfi), petualangan (sar air, resque), pengembangan wawasan, keterampilan, seni budaya, prestasi, dan bakti (santri peduli lingkungan). (gt/gt)