#PrayFromHome: Doa Bersama Kankemenag Kota Magelang

Kota Magelang – Hari ini Ahad (11/07) jam 14.00 WIB Kementerian Agama menggelar Doa Bersama yang dihadiri secara daring oleh Presiden RI, dengan harapan pandemi Covid-19 segera berakhir di Indonesia. Acara bertajuk #PrayFromHome: Dari Rumah untuk Indonesia itu merupakan lanjutan dari “Hening Cipta” yang telah digaungkan pada hari Sabtu kemaren. Doa begitu hikmat disampaikan oleh enam pemimpin tokoh agama, yakni Prof Dr. KH Quraish Shihab (Islam), Pendeta Lipius Biniluk (Protestan), Kardinal Suharyo (Katolik), I Nengah Dana (Hindu), Bhante Pannyavaro (Buddha), dan Xs. Budi Tanuwibawa (Konghucu).

Dimasa pandemi Covid 19 yang tidak kujung usai ini, diperlukan penguatan spiritualitas, optimisme, harapan, dan keyakinan bahwa bangsa ini mampu melewati situasi sulit untuk kembali pada kondisi normal seperti sebelumnya. Upaya pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan vaksinasi bagi masyarakat menjadi perlindungan diri agar tidak terpapar Covid-19. Oleh karenanya harus pula dibarengi dengan ikhtiar batin berupa doa untuk menyempurnakan upaya lahir.

Dalam sambutannya Presiden RI Jokowi, selain menyampaikan dukacita yang mendalam kepada semua korban pandemi juga mendoakan kepada masyarakat yang tengah terkonfirmasi papar COVID-19 segera kembali sehat. Menurut Presiden, kerja keras pemerintah mengatasi persoalan wabah COVID-19 ini tidak mungkin berhasil tanpa dukungan dan kesadaran serta partisipasi masyarakat. Olehnya, dalam menghadapi situasi sulit ini, selain ikhtiar dengan berbagai usaha lahiriah kita juga wajib melakukan ikhtiar batiniah. Memanjatkan doa, memohon pertolongan Allah SWT agar beban kita diringankan, agar rakyat, bangsa, dan negara, juga dunia segera terbebas dari pandemi, ungkap Presiden.

Ditemui dirumahnya, Kepala Kankemenag Kota Magelang mengatakan “Saya mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh ASN dijajaran Kementerian Agama Kota Magelang, penyuluh agama dan pengurus FKUB dan para tokoh agama yang telah berpartisipasi dalam acara doa bersama ini. Semoga dengan acara doa bersama lintas agama yang digelar secara nasional ini, Tuhan YME segera mengangkat pandemi Covid 19 dari muka bumi” ungkap Sofia Nur. (HS).