Jaring Peserta Didik Baru, MTsN 2 Wonogiri Adakan Ajang Kreasi dan Tryout

Wonogiri – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Wonogiri menyelenggarakan Kreasi Siswa MTsN 2 Wonogiri dan Tryout SD/MI di halaman madrasah setempat yang di ikuti siswa madrasah dan 300 siswa SD/MI di Wonogiri dan sekitarnya, Minggu (25/03).

Plt. Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Wonogiri, Sarwono yang membuka acara tersebut mengatakan bahwa stigma yang berkembang di masyarakat mengatakan madrasah adalah pilihan kedua setalah sekolah umum ternyata fakta berbicara lain. Banyak prestasi yang di ukir dan ditorehkan siswa-siswi madrasah bahkan mampu menyisihkan siswa-siswi  sekolah umum yang dalam image masyarakat sekolah favorit.

Menyinggung proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran baru, Sarwono mengingatkan untuk menjadi perhatian serius bagi Madrasah mengingat persaingan antar sekolah semakin ketat dalam menjaring peserta didik baru, proses sosialisasi sudah dilakukan oleh beberapa madrasah ke lembaga-lembaga pendidikan yang menjadi sasarannya dengan berbagai strategi dan trik untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya peserta didik.

“Sampaikan torehan prestasi-prestasi di Madrasah serta keunggulan madrasah sehingga mampu menjadi magnet bagi masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke madrasah, sampaikan fakta bahwa banyak alumni yang madrasah yang yang sukses dan sholeh,” jelas Sarwono

Paradigma saat ini menurutnya,  Madrasah sudah harus berbicara tentang kualitas, bukan lagi kuantitas, karena madrasah saat ini mengalami peningkatan jumlah yang signifikan sehingga kualitas harus ditingkatkan agar madrasah tetap dipercaya oleh masyarakat.

Sedangkan Kepala MTsN 2 Wonogiri, Mujiyono menyampaikan bahwa tujuan kegiatan tersebut untuk mengenalkan eksistensi madrasah dan sekaligus sosialisasi PPDB serta menggugah kreativitas dalam kemandirian peserta didik madrasah.

“Semoga acara tersebut bisa semakin bermanfaat untuk masyarakat serta sebagai promosi kepada siswa SD/MI agar mau masuk ke MTsN 2 Wonogiri,” tegas Mujiyono. (mursyid_heri/Wul)