Prestasi MAN Purwodadi dalam TUB dan PBB sudah Teruji

Grobogan – Komando Pengibar Bendera (Kopbara) merupakan salah satu organisasi ekstrakulikuler di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purwodadi yang produktif menghasilkan prestasi. Dalam beberapa kegiatan perlombaan, organisasi ektra ini mampu banyak berbicara dan berakhir manis dengan buah prestasi yang membanggakan madrasah.

Dalam lomba Tata Upacara dan Baris Berbaris yang diselenggarakan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Grobogan, Kopbara MAN Purwodadi sejak tahun 2013 mampu menunjukkan aksinya dengan capaian prestasi mulai dari Juara Harapan Pertama (2013), Juara Ketiga (2014), Juara Harapan Ketiga (2015) dan Juara Kedua (2016 dan 2017).

Tahun 2015, Kopbara mampu meraih juara umum dalam lomba baris-berbaris dan lomba variasi baris-berbaris yang diselenggarakan SMAN 1 Purwodadi, selain juga mampu meraih Juara Umum pada Lomba baris berbaris SHADARA.

Pada tahun 2016, Kopbara yang dilatih Ervin Setyo Fitriyanto tersebut dapat meraih Juara Kedua dalam kegiatan Arena Ajang Baris Berbaris (AGRARIS) yang diselenggarakan oleh SMK Negeri 1 Semarang dan mampu menjadi Juara Pertama dalam Tata Upacara Pramuka yang diselenggarakan Universitas PGRI Semarang (UPGRIS).

Pada kegiatan lomba rutin tahunan yang diselenggarakan Disporabudpar tahun 2017 ini Kopbara mampu mengukir prestasi kembali. Dalam lomba yang digelar selama 3 hari sejak Kamis (23/02) yang bertempat di GOR Simpanglima Purwodadi, Kopbara MAN Purwodadi kembali meraih juara kedua. Dalam kegiatan lomba tersebut ikut ambil bagian 24 tim SMA/MA/SMK di wilayah Kabupaten Grobogan.

Menurut Pembina Kopbara Mas’udi, raihan juara kedua pada tahun ini merupakan yang kedua kalinya berturut-turut. “Harapan kami dapat meraih Juara Pertama, anak-anak sudah berjuang maksimal, tapi kami tetap bersyukur, meraih Juara Kedua,” ungkap Ma’sudi.

Dengan berhasil sebagai juara kedua, tim tersebut memperoleh piala tetap dan uang pembinaan sebesar 1,5 juta.

Menurut Ervin Setyo Fitriyanto sang pelatih bahwa harapan untuk dapat menjuarai kegiatan rutin tersebut bukanlah mimpi kalau melihat progres prestasi Kopbara dua tahun kemarin. “Kopbara MAN Purwodadi dalam mengasah kemampuan anggotanya secara rutin melakukan latihan setiap hari Selasa. Khusus untuk mengikuti kegiatan yang diselenggarakan Disporabudpar tim ini melakukan latihan setiap hari mulai awal Januari,” ungkap Ervin.

“Anak-anak kita latih setiap hari, supaya terbiasa dan tidak ada kesalahan gerakan, serta untuk mengasah mental anak-anak,” imbuhnya.

Kepala MAN Purwodadi Suhamto saat dikonfirmasi, menyampaikan ucapkan selamat dan memberikan apresiasi hasil yang kepada tim lomba sebagai juara kedua. “Kami bangga dan mengapresiasi anak-anak Kopbara atas perjuangannya, bisa mempersembahkan piala juara II lomba TUB BB,” kata Suhamto bangga.

Lebih lanjut, Suhamto berharap untuk tahun-tahun berikutnya Kopbara bisa meningkatkan prestasinya. “MAN Purwodadi sebagai Juara II adalah biasa, MAN Purwodadi sebagai juara I adalah istimewa, karena itu ke depan Kopbara biasa meraih hasil yang lebih baik,” dorongnya penuh semangat. (mh-pr/gt)