Prestasi MI Darul Ulum Raih dalam Pesta Siaga

Semarang – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Ulum Wates Ngaliyan berhasil meraih juara harapan kedua pada ajang Pesta Siaga yang digelar Kwartir Cabang Pramuka Kota Semarang. Perhelatan akbar tingkat Kota Semarang tersebut berlangsung di halaman Kecamatan Gunungpati dan di SDN 02 Sumurrejo, akhir pekan lalu, dengan jumlah 700 peserta utusan dari 35 SD/MI.

Meski siswanya hanya meraih juara harapan II, Kepala MI Darul Ulum Nurul Qomariyah merasa bangga dengan prestasi yang diraih Barung Putri anak didiknya. “Sepanjang kurun waktu yg lama baru kali ini MI bisa meraih kejuaraan pada Pesta Siaga Tingkat Kota Semarang, karena selama ini kejuaraan didominasi oleh siswa-siswi Sekolah Dasar (SD),” ujarnya. Nurul berharap, prestasi ini merupakan langkah awal bagi MI khususnya di Kota Semarang agar semakin giat mengembangkan ekstra kurikuler pramuka, dan “Semoga menjadi motivasi bagi MI lainnya,” tambahnya.

Hasil kejuaraan I sampai III pada kelompok Barung Putri adalah : SD Hj. Isriati, SD Wates 02 dan SD Sambiroto 02. Sementara Juara Harapan I sampai III diraih oleh SD Srondol Kulon 01, MI Darul Ulum Ngaliyan, dan SD Al Al Azhar.

Saat dimintai tanggapan atas prestasi ini, Selasa (21/03) Ketua Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MI Kota Semarang, Subiyono merasa gembira dan mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih MI Darul Ulum. “Madrasah Ibtidaiyah Bisa!,” tegasnya. Subiyono memaparkan bahwa Kota Semarang sebagai ibu kota provinsi memiliki SD favorit baik negeri maupun swasta dengan jumlah yang tidak sedikit, dengan sarana prasarana yang lebih memadai.

“Persaingan sangat ketat,” jelasnya. Oleh karenanya meski dengan keterbatasan, semua pihak harus ekstra keras berjuang dan berusaha agar madrasah mampu berbicara dan berprestasi sehingga pendidikan madrasah bisa diketahui dan dilirik oleh masyarakat. “Madrasah lebih baik, lebih baik madrasah,” pungkasnya bersemangat. (sby-ch/gt)