Prestasi Terbaik Madrasah untuk Masyarakat Jawa Tengah

Semarang – Seminggu telah berlalu namun euforia kontingen Daerah (konda) Jawa Tengah dalam meraih Juara Umum pada Perkemahan pramuka Madrasah Nasional (PPMN) II tingkat Madrasah Tsanawiyah 24 – 28 Mei 2016 di Bumi Perkemahan Pantai Liang, Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku masih terasa.

Seluruh elemen yang tergabung dalam Konda Jateng diterima kembali oleh Kepala Kantor Wilayah usai melaksanakan tugasnya di Ambon. Konda Jateng tiba di Semarang pada Minggu (29/05) namun karena peserta rata-rata siswa-siswi kelas VII dan VIII maka mereka harus mengikuti ujian kenaikan kelas (UKK) yang sudah berlangsung satu minggu sebelumnya, sehingga proses penerimaan baru bisa dilangsungkan hari ini, Kamis (02/06).

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Jamun melaporkan bahwa sejak pelepasan, Minggu (22/05) seluruh elemen Konda Jateng yang terdiri dari 16 peserta pramuka penggalang putera/puteri, 2 pimpinan kontingen daerah (pinkonda), 2 pembina pendamping (bindamping), 10 orang panitia/official dan 20 pendukung berasal dari kepala madrasah dan kelompok kerja madrasah (KKM) bersemangat saling bahu-membahu untuk melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya, alhasil segala jerih payah dan upaya kita semua membuahkan hasil prestasi yang luar biasa.

“Saya mengawal dan ikut mengamati adik-adik dalam mengikuti setiap lomba, dari pengamatan tersebut Saya yakin jika Konda Jateng bakal memperoleh banyak juara dalam event PPMN, dan Alhamdulillah terbukti Konda Jateng mampu meraih juara umum,” kata Jamun dalam laporannya.

Ditambahkan, bahwa kesuksesan ini berkat dukungan penuh dari Kakanwil, Ketua Kwarda Jateng berkat bimbingan dan pelatihan yang diberikan kepada peserta, dan jajaran Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah atas dukungannya sehingga prestasi gemilang ini bisa diraih, serta menjadi persembahan bagi masyarakat Jawa Tengah. “Secara simbolis kami serahkan piala juara umum PPMN II kepada Kakanwil, untuk selanjutnya sebagai persembahan dari madrasah untuk seluruh masyarakat Jawa Tengah,” lanjutnya.

Persembahan Madrasah untuk Jawa Tengah

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah sangat mengapresiasi atas perjuangan dan jerih payah seluruh elemen Konda Jateng dalam meraih prestasi terbaik dalam event nasional tersebut. Beliau menekankan akan pentingnya koordinasi dan komunikasi dalam setiap pelaksanaan program kerja demi pencapaian hasil yang maksimal.

“Jika semua memiliki semangat dan dalam satu tekad yang sama, maka target setinggi apapun pasti bisa kita raih,” tegas Ahmadi kepada seluruh hadirin.

Beliau berpesan, bahwa perolehan prestasi ini jangan diartikan sebagai puncak dari target yang diharapkan, namun peningkatan potensi diri untuk terus mengukir prestasi yang mesti harus dikembangkan.

“Jangan pernah puas dengan hasil yang sudah diperoleh, terus kembangkan segala kemampuan diri untuk meraih prestasi, seperti adik-adik ini masih duduk dibangku madrasah tsanawiyah jangan sia-siakan waktu dan tenaga untuk hal-hal yang tidak berguna namun ambilah kesempatan di bidang akademik untuk menorehkan prestasi yang masih terbuka luas,” pesannya.

Mengkahiri rangkaian penerimaan Konda Jateng, Kakanwil didampingi seluruh elemen Konda Jateng mengangkat piala juara umum PPMN II sambil berkata, “Inilah persembahan terbaik dari madrasah untuk masyarakat Jawa Tengah, semoga menjadikan motivasi dan pemicu kebangkitan prestasi Jawa Tengah di kancah nasional.” (gt/gt)