Program Tahsinul Al-Qur’an MTs N 4 Rembang

Rembang –Program Tahsinul Al-Qur’an merupakan program MTs N 4 Rembang yang diperuntukkan  siswa yang ingin meningkatkan kemampuan membaca Al-qur’an, hal ini dilatar belakangi oleh kondisi lingkungan sosial siswa sebagian tidak mendukung, sehingga anak tidak terkondisikan belajar mengaji di TPQ, Madin yang ada di desanya.

Kepala MTsN 4 Rembang, Masrum mengatakan, sebagai wujud kepedulian MTs N Sumber terhadap kondisi tersebut, dibentuklah program Kelas Tahsinul Al-qur’an. Ada 4 Kelas yang mengikuti kegiatan belajar membaca Alqur’an, Setiap siswa yang direkrut untuk program ini adalah dengan melalui penyaringan terlebih dahulu untuk mengetahui kemampuan siswa lancar atau tidaknya dalam membaca Al-qur’an.

Kegiatan ini berlangsung dari hari senin-kamis, dimulai pukul 13.30 -14.30 WIB, tiap-tiap kelas didampingi oleh 2 guru sebagai ustadz/ ustadzah. Metode yang digunakan yaitu Qiro’ati (anak membaca satu-satu), Imlak (guru membaca anak menirukan) dan Drill (guru meminta anak untuk membacakan sesuai dengan instruksi guru). Dalam pelaksanaan teknisnya tiap-tiap siswa membaca tartil dengan metode di atas.

“Harapannya yaitu peserta didik tetap menjaga ghiroh untuk belajar Al-qur’an dan setelah lulus dari MTs nantinya,anak-anak mampu membaca Alqur’an secara tartil dengan makhroj dan tajwid yang benar,” ucap Wagiyo, guru sekaligus pengurus harian kelas tahsinul Qur’an. —dwi/iq/bd