PSM Randublatung Resmi Menjadi Salah Satu Madrasah Berbasis Riset di Blora

Blora –  Bertempat di MTs PSM Randublatung, Kakankemenag Kab. Blora M. Kafit didampingi Kasi Pendidikan Madrasah Fathul Himam menyerahkan sertifikat madrasah unggulan riset kepada MTs PSM Randublatung yang diterima langsung oleh Kepala  MTs PSM, Rohmadi, Rabu (15/9). Dimana pada tahun 2021 ini, madrasah tersebut resmi menjadi salah satu madrasah berbasis riset di Kabupaten Blora.

Diberikannya SK sebagai madrasah riset adalah salah satu upaya untuk mendongkrak prestasi madrasah dari aspek kognitif. Nantinya siswa madrasah riset dapat diikutsertakan dalam berbagai bidang keilmuan, inovasi dan lomba karya tulis ilmiah.

MTs PSM Randublatung merupakan salah satu madrasah yang ditunjuk sebagai madrasah riset, sesuai SK Nomor 6989 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Pembelajaran Riset di Madrasah. Madrasah riset ini adalah konsep pengembangan madrasah yang mendorong penyelenggaraan riset oleh peserta didik.

Sebanyak 4 madrasah di Kabupaten Blora yang mendapatkan sertifikat madrasah unggulan riset, diantaranya MTs N Blora atau dikenal dengan MTsN Jepon, MTs Hasyim Asy’ari, MTs PSM Randublatung dan MAN Blora.

“Setelah ditunjuk sebagai madrasah unggulan, kami siap mendidik anak-anak. Kami selaku kepala madrasah mohon bimbingannya sebagai madrasah riset di PSM ini.” ucap Rohmadi selaku Kepala MTs PSM pada sambutannya.

Kasi Pendma, Fathul Himam yang juga menjadi saksi sejarah perkembangan MTs PSM mengetahui persis bagaimana MTs PSM berjuang menjadi madrasah yang diminati masyarakat meskipun keberadaannya jauh dari pusat kota. Menurutnya, penganugerahan SK Madrasah Riset bukanlah sekedar simbolik akan tetapi perlu dibarengi dengan pengembangan diri untuk mencapai prestasi.

“Oleh karena itu bapak-ibu perlu kita berikan semangat motivasi, perkuat tim riset. Jangan cuma satu tim saja. Karena dengan banyak tim dapat mengajarkan anak untuk saling berkolaborasi serta untuk menghantarkan anak berpikir kritis dan logis. Untuk guru juga harus kreatif inovatif supaya dapat saling bersinergi.” ucap Himam

Pada kesempatan tersebut, Kakankemenag Kab. Blora turut mengapresiasi atas pencapaian MTs PSM sebagai madrasah unggulan riset. “Alhamdulillah untuk MTs PSM tahun 2021 menjadi salah satu madrasah riset di Blora. Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mengelola madrasah ini.” tutur M. Kafit.

Sebagai bentuk dukungan Kemenag terhadap madrasah riset, Kakankemenag Kab. Blora menyampaikan bahwa madrasah yang berbasis riset diminta untuk menambahkan kegiatan penelitian atau riset tersebut ke dalam kurikulum intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.

“Sebagai bukti bahwa madrasah berbasis riset, kegiatan ini tolong dimasukan ke dalam muatan lokal maupun kegiatan ekstrakurikuler.” kata Kakankemenag Kab. Blora

Acara penyerahan SK Madrasah Riset berjalan lancar, acara tersebut dilaksanakan secara terbatas dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kakankemenag, Kasi dan staf Pendma, Pengawas Madrasah, Ketua Yayasan, Kepala dan Komite MTs PSM beserta jajarannya. Selamat dan sukses, semoga MTs PSM Randublatung dapat menjalankan amanah menjadi Madrasah Riset yang bermutu dan mendunia. (nn/rf)