PT. AQUA Dukung Kemenag Wonosobo Wujudkan Program Sekolah Sehat

Wonosobo – “Kebersihan itu sebagian dari iman.” (HR. Ahmad). Hadist tersebutlah yang mendorong Madrasah di lingkungan wilayah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo terus gencar menerapkan perilaku dan pola hidup sehat. Selaras dengan Komitmen Madrasah tersebut, PT. AQUA Wonosobo melalui Program CSR nya, menyambangi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo, dengan maksud menjalin kerjasama dengan Kantor Kemenag Kabupaten Wonosobo. Kamis (18/10)

Kunjungan PT. Aqua tersebut bertepatan dengan Rakor Pendmad yang digelar di Aula Rapat Kantor Kementerian Agama, dan turut di hadiri oleh Ketua Koordinator K3Mi dan seluruh Kepala Madrasah Negeri pada lingkungan Kemenag Wonosobo.

Selanjutnya, hadir sebagai Narasumber support dari perwakilan PT. Aqua, ibu Nurul, selaku bidang pendidikan Aqua Jateng-DIY. Pihaknya menyinggung terkait Instansi pendidikan yang merupakan wadah tepat untuk pendidikan moral dan pembentukan pola hidup, dengan cara berfikir yang sehat.

“Dimana pun tempat kita bisa belajar, tapi tanpa adanya sekolah, pembentukan pola pikir dan hidup dirasa kurang matang jika mengandalkan improvisasi. Jadi Sekolah merupakan tempat yang tepat untuk pembentukan karakter yang cerdas dalam segala aspek termasuk managemen diri, untuk menjalani pola hidup sehat.  Menyediakan sarana dan prasarana yang bersih, bagus, dan sehat, akan menunjang peningkatan SDM siswa yang sehat juga,” jelas Nurul.

Pihaknya juga menambahkan, dengan hadirnya program CSR, PT. AQUA bersedia memberikan bantuan kendaraan operasional, dan dengan hubungan simbiotik, harga spesial air mineral untuk madrasah. Dari hasil MOU Madrasah dengan AQUA, nantinya akan muncul kesepakatan harga dibawah pasaran, dan air mineral unimited bagi madrasah yang terjamin pengadaanya melalui MOU yang telah disepakati.

Sementara itu, menurut Panut, selaku kasi Dikmad menjelaskan bahwa mendukung program pendidikan yang baik dibutuhkan supporting yang baik pula dari pihak sekolah.

Selaras dengan kasi Dikmad, dukungan senada juga terlontar oleh Kepala Kemenag Wonosobo, M. Tobiq. Melalui ulasan panjang tentang pentingnya sekolah sehat dalam rangka output siswa meraih prestasi.

“Saat ini bukan hanya perlu lagi kita melakukan inovasi sekolah sehat, namun wajib bagi kita mengimplementasikan sekolah sehat untuk melahirkan anak didik yang sehat juga, baik dari pola pikir dan pola hidup. Hal itu juga telah di cantumkan dalam  Al Qur’an: mengumbar kesehatan = sakit, menjaga = sehat. Dalam Al Qur’an, Surah Al-Baqarah ayat 222, juga di katakan  ﺍِنَّﷲَيُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَﻬِّرِيْنَ۝   Artinya : “……..Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang menyucikan/ membersihkan diri.” (Al-Baqarah : 222). Dalam hadist juga jelas اَلنَّظَافَةٌ مِنَ اﻻِيْمَانِ٠﴿ﺮﻮﺍﻩ ﺍحمد  Artinya: “Kebersihan itu sebagian dari iman.” (HR. Ahmad),” pengkasnya.(Ps-Ws/Sua)