PTSP Wujud Layanan Prima

PTSP Wujud Layanan Prima

Demak, Kementerian Agama Kabupaten Demak bertekad untuk merubah cara pandang (mind set ) di masyarakat dalam memberikan kepuasan pelayanan yang nyaman, mudah dan cepat sebagai wujud reformasi berokrasi dalam pelayanan public, hal ini dibuktikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak Ahmad Samsudin didampingi Ka Sub Bag Tata Usaha Muhaimin dan pejabat structural juga JFU dan JFT dijajaranya beberapa hari yang lalu berkunjung di Kantor Kemenag Kabupaten bantul Jogjakarta .

            Rombongan dari Kemenag Kab. Demak yang berjumlah 20 orang diterima langsung Kepala Kantor Kemenag Kab. Bantul Drs.H. Bukhori Muslim.M.Pd.I, bertempat di aula Kantor Kemenag Kab. Bantul.(ms).

Adapun maksud kunjungan tersebut, “ untuk mencari ilmu  pengetahuan atau Bahasa krenya study banding tentang Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( PTSP ) di Kemenag Kab. Bantul, kenapa di Kemenag Kab. Bantul ? karena Kantor Kementerian Agama Bantul satu-satunya Kemenag yang pertama kali membuka layanan PTSP, Kata Samsudin.

Lebih lanjut Samsudin menuturkan “ Program PTSP ini didesain dan direncanakan mulai tahun 2019 di kantor Kemenag kab. Demak sudah beroperasi, sehingga tidak ketinggalan dengan Kantor – kantor yang lain.

“ Program ini bisa berjalan dengan baik dibutuhkan komitmen bersama, serta tidak lepas dari sarana prasarana yang memadai, dan sumber daya manusia ( SDM ) yang mumpuni “, jelasnya.

Samsudin menambahkan, dengan jumlah pegawai  yang dimiliki Kemenag kab. Demak dan dengan modal semangat kebersamaan yang kuat program PTSP di Kantor Kemenag Kab. Demak insa Allah bisa terlaksana.

Tidak kalah pentingnya adalah tentang Setandart Operasional Pelayanan ( SOP ) maka dari itu semua JFT dan JFU yang mengikuti study banding ke Kantor Kemenag Kab. Bantul untuk segera menyusun dan menginfentarisasi jenis layanan dari masing-masing seksi, yang nantinya akan dirumuskan kedalam jenis layanan PTSP Di Kementerian Agama Kab. Demak “ Karena Standart Opersional Pelayanan ( SOP ) ini menjadi kunci terlaksananya PTSP “ imbuhnya.

Sedang Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul Drs.H.Bukhori Muslim.M.Pd.I menyampaikan rasa bahagianya atas kunjungan dari rekan-rekan Kantor Kementerian Agama kabupaten Demak,” Kemenag Kab. Bantul mengawali penyelenggaraan PTSP karena ditunjuk sebagai pilot projeck untuk mewakili Kemenag seluruh Indonesia dalam penilaian Reformasi Birokrasi dan telah dilounchingkan oleh Menteri Agama pada awal tahun 2017, sehingga beberapa Kemenag di jawa maupun diluar jawa datang berkunjung di Kantor Kemenag Kab. Bantul untuk melihat pelayanan PTSP yang kami kelola” katanya.

Melalui silaturrahim ini dan dalam rangka mewujudkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik , lebih prima melalui aplikasi PTSP, “ Kantor Kemenag Kab. Demak yang di komandani Ahmad Samsudin segera bisa menyusul untuk merealisasikan pelayanan dibidang keagamaan melalui PTSP bisa terwujud, dan bisa lebih baik dari Kemenag Kab. Bantul. Imbuh bukhori.