Puasa, Siswa MA Riyadl Tetap Bersemangat Ikuti Tes

Rembang – Di tengah padatnya kegiatan bulan Ramadan yang yang dijalani oleh peserta didik MA Riyadlotut Thalabah Sedan, tidak menghalangi semangat mereka untuk belajar. Sejak Ahad, 20 Mei 2018 M yang bertepatan dengan 4 Ramadan 1439 H, peserta didik MA Riyadlotut Thalabah mengikuti Penilaian Akhir Tahun atau ujian kenaikan kelas.
Mereka harus dapat membagi waktu antara belajar untuk tes dan kegiatan Ramadan yang lebih padat dibandingkan bulan biasanya. Pada bulan Ramadan peserta didik MA Riyadlotut Thalabah biasanya mengikuti kegiatan kajian kitab pada siang dan sore hari. Sementara pada malam hari usai shalat tarawih mereka mengikuti kegiatan tadarus bersama di mushola maupun masjid terdekat. 
Terlebih lagi banyak peserta didik MA Riyadlotut Thalabah yang juga tinggal di beberapa pondok pesantren sekitar Madrasah. Hal ini berarti peserta didik yang juga tinggal di Pondok Pesantren harus lebih bijak lagi dalam membagi waktu, karena biasanya kegiatan di pesantren lebih padat.
PAT sendiri berlangsung selama seminggu, yaitu 20-27 Mei ini. Tes dimulai pada pukul 07.30 wib dan berakhir pada pukul 13.00 wib. Para siswa mengaku biasanya mulai belajar setelah selesai kegiatan tadarus atau setelah selesai sahur.
“Belajarnya ya pas selesai tarawih, kalau sudah ngantuk ya pas setelah sahur. Kalau pagi-pagi kan masih fresh, masih kenyang juga karena baru selesai sahur,hehehe. Kalau siang ngaji dan udah lemes jadi kalau belajar ya susah masuknya” ungkap Ridwan salah satu peserta didik Kelas IX.
Kepala MA Riyadl, Anshori berpesan, siswa agar menjaga stamina ketika puasa. Anshori berharap puasa ini bisa membawa berkah bagi siswa dengan meningkatnya prestasi mereka. –nwl-iq/bd