Purbalingga Expo Ditutup, Stand Kankemenag Raih Penghargaan

Purbalingga – Menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Purbalingga ke-187, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga mengikuti event Purbalingga Expo 2017 yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Purbalingga. Kegiatan yang digelar 14 – 17 Desember 2017 di Areal Parkir Gelora Goentoer Darjono Purbalingga ini mengusung tema Menggagas Inovasi, Melejitkan Potensi untuk Purbalingga Sejahtera.

Plt. Kepala, Akhmad Muhdzir dalam sambutannya pada kegiatan Apel Pagi Senin (18/12), menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada segenap panitia pengelola Stand Kankemenag Kabupaten Purbalingga yang telah bekerja keras sejak persiapan hingga penutupan kegiatan.

“Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh pegawai yang terlibat dalam kegiatan Purbalingga Expo 2017 yang telah bekerja siang malam dari persiapan hingga kegiatan penutupan. Juga saya ucapkan selamat atas prestasinya menjadi Juara Harapan III Stand Terbaik. Dalam kegiatan yang diikuti oleh 104 peserta dengan dukungan dana besar, bukanlah hal yang mudah untuk menjadi juara. Semoga ini menjadi motivasi bagi kita semua untuk berusaha lebih baik lagi pada kegiatan yang akan datang,” tandasnya.

Penutupan Expo

Kegiatan Purbalingga Expo Tahun 2017 ini diikuti oleh 104 peserta yang berasal dari organisasi perangkat daerah (OPD), instansi vertikal, BUMD, forum pendidikan dan pariwisata, dharma wanita serta PKK. Kegiatan ini secara resmi ditutup Ahad (17/12) oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Purbalingga, Wahyu Kontardi mewakili Bupati Purbalingga. Kegiatan penutupan dihadiri segenap unsur Forkopimda, Kepala Badan/Dinas/Kantor, para pimpinan OPD, para Camat, dan perwakilan dari seluruh peserta Purbalingga Expo 2017.

Wahyu Kontardi menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh peserta atas partisipasinya mengikuti Purbalingga Expo 2017. Ia juga mengapresiasi kinerja segenap penyelenggara sehingga kegiatan ini mampu mencapai tujuannya yaitu memberikan informasi kepada masyarakat mengenai penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Purbalingga.

“Selain memberikan edukasi informasi kinerja seluruh elemen di Purbalingga baik pada penyelenggara pemerintahan, kemasyarakatan, sosial dan lainnya, expo ini bertujuan komersial. Juga memberikan apresiasi atas berbagai inovasi, seni budaya dan potensi lokal Purbalingga yang mampu menjadi daya saing dan kekayaan asli Purbalingga,” kata Wahyu.

Sementara itu dalam laporannya, Ketua Penyelenggara Expo yang juga Kepala Bapelitbangda Kabupaten Purbalingga,  Kusmartadi menyampaikan situasi kondusif yang mampu dipertahankan sejak dimulainya expo sampai dengan akhir kegiatan adalah merupakan hasil kerjasama yang baik dari berbagai pihak terutama  penyelenggara, penanggung jawab dan petugas keamanan.

Kusmartadi juga menyampaikan daftar para pemenang lomba yang diadakan selama expo berlangsung, meliputi lomba stand terbaik, lomba fashion show, story telling, melukis tingkat TK/SD, lomba fotografi/selfi untuk umum, lomba foto dengan drone, serta lomba kreasi dan inovasi masyarakat (krenova) dengan mengambil juara 1, 2, 3 dan juga juara harapan 1, 2, 3 untuk masing-masing kategori.

“Untuk lomba stand, Juara 1 adalah stand Polres Purbalingga, Juara 2 stand Dinas Pertanian Purbalingga dan Juara 3 stand RSUD Goeteng Taruna Dibrata Purbalingga. Juara Harapan 1 Stand Tim Penggerak PKK Kabupaten Purbalingga, Juara Harapan 2 Stand Kecamatan Purbalingga  dan Juara Harapan 3 Stand Kankemenag Kabupaten Purbalingga,” kata Kusmartadi.

Sedangkan Juara 1, 2 dan 3 untuk lomba fashion show adalah Rofi Ali Nurgi dari SMAN 1 Purbalingga,  Aldera Naditama dari SMAN 2 Purbalingga, dan Dwi Candra Nugroho dari MAN Purbalingga. Juara 1 Story telling diraih Reki Kusuma Wardana dari SMPN 1 Bukateja, juara 2 Erna Mutiasari dari SMPN 1 Bojongsari dan Juara 3 Istinganah Saestu Rohmah dari SMPN 1 Kemangkon.

Hadiah berupa piagam, piala dan uang pembinaan secara simbolis disampaikan Sekda Wahyu Kontardi didampingi segenap unsur Forkopimda kepada masing-masing peraih juara 1 untuk masing-masing kategori lomba. Untuk pemenang lainnya, hadiah diserahkannya melalui Ketua Penyelenggara kegiatan dan segenap panitia. (sar/gt)