Purworejo akan gelar manasik pasca lebaran

Purworejo – Pasca penyelesaian penyusunan dokumen haji baik paspos dan visa, kini Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kankemenag Kab.Purworejo mulai mempersiapkan bimbingan manasik jamaah haji tahun 2015. Rapat Koordinasi Persiapan Manasik Haji tahun 2015 dengan seluruh Kepala KUA se-Kab.Purworejo telah dilaksanakan pada Senin (7/7).

Kepala Kankemenag Kab.Purworejo Nurudin menyampaikan bahwa manasik haji tingkat kabupaten akan dilaksanakan pasca lebaran, yakni pada tanggal 27 Juli 2015 dan 4 Agustus 2015. Hal ini sesuai dengan edaran Ditjen PHU, bahwa Bimbingan Manasik di tingkat kabupaten/kota sebanyak dua kali dan di tingkat KUA Kecamatan sebanyak empat kali. Manasik tingkat KUA Kecamatan sedianya akan digelar pada tanggal 28 hingga 30 Juli 2015 dan tanggal 3 Juli 2015.

Dari 19 KUA Kecamatan di Kab.Purworejo kemudian dikelompokkan kembali menjadi delapan kelompok manasik kecamatan yang dapat menyelenggarakan manasik tingkat kecamatan. Kebijakan ini diambil dengan mempedomani Keputusan Ditjen PHU No.D/222/2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji oleh Kementerian Agama Kabupaten/Kota dan KUA Kecamatan Pasal 8 ayat (1) yang berbunyi “Jumlah peserta Bimbingan di KUA kecamatan ditetapkan paling sedikit 45 (empat puluh lima) orang.”

Sebanyak 412 jamaah haji Kab.Purworejo berhak mengikuti bimbingan manasik tingkat kabupaten dan tingkat KUA kecamatan. Melalui kegiatan Manasik Jamaah Haji ini diharapkan dapat memberikan bimbingan manasik, pembinaan, dan pengarahan bagi Calon Jamaah Haji Kab. Purworejo Tahun 2015 sebelum menunaikan ibadah haji agar pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan lancar dan memenuhi syarat dan rukunnya. (azizah)