RA, Lembaga PAUD Sarat Nilai Keagamaan

Boyolali – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali, Nurudin, mengukuhkan Pimpinan Daerah IGRA (Ikatan Guru Raudhatul Athfal) Kabupaten Boyolali periode 2017 – 2022. pengukuhan ini dinilai penting oleh Nurudin karena Rauddatul Athfal merupakan dasar dari pendidikan madrasah yang ada di Kementerian Agama. Tanpa adanya Raudlatul Athfal tentunya madrasah yang ada juga akan sulit untuk berkembang. “Madrasah ada karena RA”,ungkap nuruddin.

Keberadaan Raudhatul Athfal (RA) tentunya sangat dibutuhkan di masyarakat, utamanya dalam pendidikan agama bagi anak anak. Kemajuan zaman yang semakin pesat menuntut manusia untuk bekerja semakin keras. Dalam satu hari sering berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Praktis waktu yanga ada untuk keluarga juga semakin berkurang. Otomatis peran orang tua untuk mendidik anak terutama pendidikan tentang keagamaan kurang diperhatikan. Disinilah peran RA dalam mendidik anak anak sangat dibutuhkan.

“Penanaman keimanan bagi anak anak sangatlah penting”, lanjut Nuruddin.

Apa yang diajarkan pada anak anak akan menjadi pondasi bagi mereka saat mereka dewasan nanti. Pelajaran yang ada di RA sarat akan muatan keimanan. Mulai masuk, belajar, bermain, bahkan bernyanyi pun didalamnya terdapat nilai nilai agama. Dengan ditanamkannya nilai nilai agama pada anak anak, diharapkan akan membekas sampai pada saat mereka dewasa nanti.

Nuruddin juga berharap agar para guru RA senantiasa memotivasi anak didiknya setelah selesai melaksanakan pendidikan di RA untuk melanjutkan ke jenjang madrasah. Agar nilai nilai keagamaan yang mereka peroleh pada saat di RA tidak berhenti dan dapat berkembang melalui madrasah. Madrasah saat ini sudah tidak kalah dengan sekolah umum lainnya. Banyak sekali madrasah yang berprestasi, baik itu tingkat lokal maupun nasional.

“Jadi, jangan takut untuk menyarankan anak didiknya untuk melanjutkan ke madrasah” pungkas nuruddin.

Pengukuhan Pinpinan Daerah IGRA Kabupaten Boyolali tersebut berlangsung pada hari kamis (30/03) di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali. diikuti oleh seluruh pengurus IGRA Kabupaten Boyolali dan perwakilan guru raudhatul athfal yang ada di boyolali. (jaim/Wul)