Gedung Baru, Peningkatan Kualitas Kinerja dan Pelayanan

Wonogiri – Pembangunan gedung/kantor yang bagus ini harus mampu menghasilkan outcome yang bagus, seperti diketahui bersama bahwa KUA tidak hanya memberikan pelayanan administrasi pernikahan saja, melainkan juga harus dapat menjadikan pusat pembinaan umat, guna mengokohkan NKRI.

Bahwa dengan selesainya pembangunan gedung Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Wonogiri yang baru harus banyak disyukuri, serta diharapkan semakin meningkatkan kualitas kinerja dalam rangka memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat sehingga zona integritas di Kementerian Agama bisa terwujud.

Hal tersebut diungkapkan Kasubbag TU Kankemenag Wonogiri Fatonah, Senin (23/01) di Ruang kerjanya menanggapi di tempatinya Gedung KUA yang baru. Menurutnya dengan fasilitas kantor/gedung yang baru hendaklah menambah semangat kerja untuk meningkatkan kinerja kita dalam melayani masarakat serta menjauhkan dari pungli maupun korupsi.

Mengingat Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan garda terdepan Kementerian Agama, kata Haryadi, maka dalam memberikan pelayanan utamanya untuk peristiwa dan pecatatan nikah serta memberikan pembinaan manasik haji, oleh sebab itu kesejahteraan KUA haruslah menjadi perhatian khusus.

Sebagai bagian dari Kementerian Agama (Kemenag), Kantor Urusan Agama (KUA) mempunyai peranan penting dalam memberikan layanan terhadap masyarakat. Berfungsi sebagai layanan pencatatan pernikahan, manasik haji, dan penyuluhan agama, KUA menjadi garda terdepan dalam layanan publik instansi pemerintah khususnya Kementerian Agama

“Menempati Gedung Baru ini tentunya membawa angin perubahan, semangat kerja terbaru, dan suasana kerja semakin nyaman. Gedung KUA dengan bangunan yang representatif ini menjadi pendorong agar KUA dapat meningkatkan layanannya,” pesan Fatonah.

Seperti telah disampaikan Kepala Seksi Bimas Islam Haryadi, selaku Ketua Tim Pelaksana Teknis dalam laporannya bahwa Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Wonogiri ini dibangun dengan dana DIPA Kankemenag Kab. Wonogiri Tahun Anggaran 2016 yang diperoleh dari dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) DIPA Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam.

Fatonah berpesan agar ASN pada KUA Kecamatan Wonogiri ini dapat merawat dengan baik, agar tetap terjaga kebersihannya, terjaga manfaatnya, gedung yang bagus dan representatif seperti ini harus kita rawat dan jaga.

“Setelah menempati gedung baru ini hendaknya dijaga dan dipelihara, pelihara yang sudah baik dan terus kembangkan pelayanan kepada masyarakat,” pesannya. (Mursyid_Heri/gt)