Rahmatan Lil Alamin, Wujud Aplikasi Toleransi Beragama

Salatiga – Sebagai upaya untuk memberikan pemahaman dan bimbingan kepada siswa SMA/SMK/MA, maka Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga melalui Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam menggelar Kegiatan Penguatan Wawasan Islam Rahmatan lil Alamin dan Multikultural bagi siswa SMA/SMK/MA se-Salatiga, Jum’at (8/2).

Kegiatan yang berlangsung di RM Banyu Bening Salatiga ini diikuti oleh siswa SMA/SMK/MA, sebanyak 40 orang. Hadir pada acara pembukaan, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Salatiga, Kasi Pakis, Kasi Bimas Islam dan Ketua Pokjawas Kemenag Kota Salatiga.

Kepala Kantor Kemeng Kota Salatiga, Fahrudin mengatakan, Indonesia adalah bangsa yang besar di dalamnya terdapat berbagai suku, ras dan agama karena itu kita harus mampu membangun sebuah kerukunan dan toleransi meskipun kita berada ditengah-tengah perbedaan.

“Islam itu adalah agama Rahmatan lil alamin, artinya Islam merupakan agama yang membawa rahmat dan keselamatan bagi seluruh alam, hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al Qur’an, Surat Al Anbiya ayat 107 yang artinya dan “kami tidak mengutus engkau Muhammad melainkan untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam,” karena itu pluralitas, budaya, suku, bangsa, Bahasa dan agama dan berbagai faktor lainnya merupakan berkah dan rahmat yang diberikan oleh Allah SWT yang harus disyukuri,” kata Fahrudin.

“Islam itu agama cinta damai, jangan sampai para generasi penerus bangsa ini mau disusupi paham/aliran yang menyesatkan, juga narkoba. Menegakkan ajaran Islam dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, bukan berarti disikapi dengan fanatik buta. Tetapi harus dilakukan dengan semangat toleransi, kerukunan serta kedamaian. Karena agama Islam mengajarkan keselamatan kepada semua orang, tanpa harus mengotak-ngotakkan satu dengan yang lain. Kualitas amal dan ibadah harus terus ditingkatkan agar keislaman kita semakin baik dan bermanfaat bagi banyak orang,” tambah Fahrudin.

Oleh karena itu, Fahrudin berharap, kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti semua materi yang disampaikan oleh narasumber dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.(KK/Sua).