Wujudkan Madrasah Ramah Lingkungan, MTs N 1 Pati Gelar Gerakan Pungut Sampah Sedunia

Pati – MTsN 1 Pati telah melaksanakan kegiatan Gerakan Pungut Sampah Sedunia atau World Cleanup Day (WCD) pada hari Sabtu (15/9/2018). Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh dewan guru, karyawan, dan siswa. Area yang menjadi sasaran adalah lingkup madrasah dan lingkungan sekitar. Menurut Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak saat kami temui bertepatan dengan kunjungannya di ruang Pendidikan Madrasah Kankemenag Kab. Pati, Rabu (26/9/2018), Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama MTsN 1 Pati dengan Core Team World Cleanup Day (WCD) Jawa Tengah.

Peserta kegiatan ini terdiri atas guru dan karyawan sejumlah 80 orang, serta seluruh siswa sejumlah 1.080. Seluruh peserta membawa alat kebersihan sebagai dukungan terhadap aksi tersebut, urai Syafak.

Hasil aksi pagi itu sejumlah 720 kg sampah. Gerakan ini sekaligus merupakan implementasi visi madrasah ; terwujudnya madrasah yang berkarakter islami, unggul dalam prestasi, ramah lingkungan, dan berbudaya nusantara, jelasnya.

Dalam sambutan arahan Kepala MTsN 1 Pati Ali Musyafak saat membuka kegiatan tersebut secara resmi mengingatkan akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan juga memilah sampah organic dan an organik.

Syafak juga mengimbau seluruh warga madrasah agar menanamkan kebiasaan hidup bersih dan sehat di manapun berada ; mulai dari peduli sampah, menjaga pola makan dan pola pikir. “Jika kegiatan pungut sampah ini sudah menjadi karakter dan budaya warga madrasah, makaMTsN 1 Pati akan semakin bersinar,” tegasnya. (mj/AM/bd)