Rapat Koordinasi Pelaksanaan Verifikasi Kompetensi Keagamaan PPDB Kabupaten Wonosobo

Wonosobo – Kakankemenag Kab. Wonosobo selenggarakan rapat koordinasi (Rakor) pelaksanaan Verifikasi Kompetensi Keagamaan PPDB Kabupaten Wonosobo. Rakor dihelat di aula Kankemenag Kab. Wonosobo pada hari Senin (7/6), dihadiri oleh Kakankemenag Kab. Wonosobo Ahmad Farid, Kasi PAIS Fakih Khusni, Kasi Gara Katolik Agustinus Triwiyarso, Kabid Kurikulum Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Olah Raga Kabupaten Wonosobo Slamet Faizi, dan diikuti oleh perwakilan Guru Agama dan Pendidikan Agama di Kabupaten Wonosobo.

Dalam kesempatan tersebut, Kakankemenag Kab. Wonosobo Ahmad Farid, menyampaikan kepada peserta untuk mensukseskan PPD dan berperan aktif dalam edukasi kepada masyarakat terhadap protokol kesehatan terlebih pada saat pelaksanaan PPDB di Madrasah dan di Sekolah,

Hal lain Farid sampaikan terkait kebijakan kompetensi keagamaan di sekolah maupun madrasah, “sekolah dan madrasah dengan Kompetensi Keagamaan ini diharapkan dapat memacu prestasi siswa dalam pemahaman beragama yang lebih baik,” jelas Farid dalam pengarahannya.

Senada dengan yang disampaikan Farid, Kasi PAIS Fakih Khusni juga menyampaikan berbagai teknis pelaksanaan Verifikasi Kegamaan, diantaranya tentang persyaratan dan spisifikasi kompetensi, “tahun ini menjadi tahun pertama masuknya unsur kompetensi keagamaan pada jalur prestasi PPDB Kab. Wonosobo, peserta dapat mendaftarkan diri untuk diverifikasi kompetensinya melalui link yang telah disiapkan,” jelas Fakih.

Sementara itu, Kabid Kurikulum Disdikpora Kab. Wonosobo Slamet Faizi dalam kesempatan tersebut ia jelaskan terkait teknis PPDB. Ia katakan bahwa pada PPDB terdapat beberapa jalur yaitu jalur Zonasi, Afirmasi, Mutasi dan Prestasi, “semoga dengan rapat koordinasi ini para Guru Agama dapat menginformasikan kepada kepala sekolah dan disampaikan kepapada peserta didik,” kata Slamet.

Slamet juga mengajak semua Guru Agama untuk perperan aktif dalam pelaksanaan PPDB, “mohon kepada para Guru Agama ikut bantu sosialisasikan Verifikasi Kompetensi Keagamaan ini pada calon peserta,” tambahnya.

Ia memotivasi guru yang hadir untuk tidak lelah memberikan informasi dan pembelajaran kepada anak didik untuk menambah wawasan keagamaannya dan berprestasi dalam kompetensi keagamaan.

Ia merasa, Wonosobo akan bangkit dengan peran dan partisipasi generasi muda berprestasi yaitu generasi masa depan yang unggul dan berkarakter dengan wawasan dan pemahaman keagamaan yang baik.

Diakhir arahannya Slamet Faizi sampaikan kepada peserta untuk tetap patuhi protokol kesehatan. Dan mengucapkan Selamat dan sukses pelaksanaan PPDB Wonosobo. ps-ws