Rara Harumkan MIN 2 Sukoharjo di Bidang Matematika Se Solo Raya

SUKOHARJO – Matematika untuk sebagian siswa dianggap sebagai salah satu pelajaran yang sulit dan ditakuti. Namun tidak demikian halnya dengan Aurora Qurota Ayuna Raharja. Siswi Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Sukoharjo yang biasa dipanggil Rara ini begitu menyukai pelajaran penuh hitungan tersebut. Melalui pelajaran matematika itulah Rara berhasil menorehkan prestasi membanggakan.

MIN 2 Sukoharjo kembali diharumkan Rara di kancah perhelatan lomba matematika se Solo Raya dengan menjadi juara pada Solo Open Competition 2019 yang digelar oleh lembaga Indonesia Event pada Sabtu (23/2) di Hotel Laksana Inn, Surakarta. Rara berhasil meraih nilai tertinggi untuk tingkat kelas 4 sekolah dasar.  Pada lomba yang sama, siswa MIN 2 lainnya juga meraih prestasi yakni Muhammad Rizky Al Fariel Juara 2 untuk tingkat kelas 6 dan Valda Rafi Febri Nugroho Juara Harapan untuk kelas 4.

Rara menuturkan pada ajang tersebut Ia  harus menyelesaikan 25 soal dalam bentuk pilihan ganda dalam waktu 30 menit dengan menggunakan Lembar Jawab Komputer (LJK). “Dari semua soal yang dikerjakan, hanya satu yang ragu-ragu jawabannya, sedangkan lainnya saya yakin bisa menjawabnya dengan benar,” tutur Rara.

Masih menurut Rara, sebelum mengikuti lomba tersebut Ia selalu berlatih setiap hari. Ia telah berlatih selama seminggu, tiga hari berlatih bersama guru pembimbingnya dan hari lainnya berlatih sendiri di rumah. “Hasil ini membuat saya tambah semangat untuk semakin tekun berlatih supaya terus menang setiap ikut lomba,” kata Rara penuh semangat.

Sementara di tempat terpisah, Kepala MIN 2 Sukoharjo, Danuri, mengungkapkan bahwa prestasi Rara dibidang matematika sudah mulai kelihatan sejak masih duduk dikelas 3. Pada saat itu Rara sudah berhasil menjuarai beberapa lomba matematika di luar kota. “Siswi ini memang lebih unggul pelajaran matematika di banding pelajaran lainnya, akan tetapi untuk pelajaran lainnya juga masih bisa berprestasi,” ujarnya.

Lebih lanjut Danuri menjelaskan bahwa Rara sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti babak final lomba matematika Hidayatullah Mathematics And Science Olympiad (HiMSO) yang akan dilaksanakan pada awal bulan Maret di Surabaya. “Sebelumnya Rara berhasil lolos penyisihan HiMSO tingkat wilayah Solo Raya dan saya berharap MIN 2 Sukoharjo kembali berjaya di Surabaya,” kata Danuri optimis.(Pry/Djp/rf)