RAT KPRI Al Ikhlas Hasilkan Point Penting dan Berkualitas

Salatiga – Menutup tahun buku 2018, Koperasi Al Ikhlas Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Salatiga menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT), dan pemilihan pengurus periode 2019-2021, yang berlangsung di Aula MTsN Salatiga, Sabtu (16/2). RAT dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Salatiga, Ketua KPRI Kemenag Kota Salatiga serta 247 anggota KPRI Al Ikhlas Kemenag Kota Salatiga.

Kepala Kantor Kemenag Kota Salatiga, Fahrudin, juga selaku Pembina KPRI Al Ikhlas mengatakan, RAT dimaksudkan untuk penyampaikan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas kepada anggota-anggotanya tentang hasil pelaksanaan kegiatan tahun buku 2018. Sekaligus menyampikan rencana kerja dan rencana anggaran pendapan dan belanja tahun buku 2019 yang akan dilaksanakan oleh pengurus.

“RAT adalah suatu ketentuan di dalam AD/ART KPRI Al Ikhlas, karena RAT merupakan tolak ukur sejauh mana pengurus telah melaksanakan tugasnya yang berkaitan dengan pembinaan organisasi maupun pengembangan unit usaha koperasi,” tutur Fahrudin.

Ditambahkan oleh Fahrudin yang mengharapkan pengurus untuk berinovasi, tak hanya mengurusi simpan pinjam tapi juga mengembangkan usaha lainnya. Dengan demikian diharapkan akan bermuara kepada peningkatan kesejahteraan anggota karena kedepan tantangan koperasi akan semakin komplek.

“Pengelolaan administrasi dilakukan secara transparan dan akuntabel, serta mempertanggungjawabkan semua pengelolaaan keuangan dengan baik dan tepat sasaran. Semua anggota koperasi dapat berpartisipasi secara aktif demi kemajuan koperasi dengan membuat trobosan-trobosan agar uang dikoperasi bisa bersikulasi dengan baik dan tidak mengendap, khususnya koperasi Al Ikhlas,” harapnya.

Jalannya pelaksanaan rapat diisi dengan seragkaian acara, diantaranya adalah pemilihan pengurus baru. Dalam sesi pemilihan pengurus baru, Kasubag TU didaulat untuk memimpin sidang, dan telah menghasilkan terpilihnya ketua koperasi periode 2019-2021, yaitu Muhammad Soleh Mubin yang juga ketua koperasi periode sebelumnya. Kegiatan yang berlangsung singkat namun mendapatkan hasil yang maksimal.

Kegiatan ini ditutup dengan pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) kepada seluruh anggota dan pengundian sejumlah doorprice bagi peserta yang tiba tepat waktu.(KK/Sua).