Ratusan Pelajar Pati Semarakkan Lomba Tahfidz

Pati – Dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke 71 tahun 2017, dan juga peringatan Nuzulul Qur’an 1438 Hijriah, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pati menggelar Lomba Tahfidz Qur’an tingkat Kabupaten Pati.
Lomba yang terselenggara atas kerjasama Satlantas Polres Pati dengan Kementerian Agama Kabupaten Pati ini akan dilaksanakan di Mapolres Pati, Jl. Ahmad Yani, Senin (12/6)

Kepala Seksi PDPontren Kankemenag Kabupaten Pati selaku Koordinator Dewan Hakim Abdul Hamid, saat acara berlangsung mengatakan, tujuan penyelenggaraan Lomba Tahfidz ini agar anak-anak hafal Alquran. Kedepannya, diharapkan anak-anak tidak hanya bisa menghafal Alquran saja, tapi juga bisa mengamalkan pesan dan kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari mereka.

“Sehingga Alquran bisa menjadi benteng untuk anak-anak menjalani kehidupannya di dunia,” imbuh Hamid.

Ia menerangkan, tema besar Ramadhan tahun ini yang diusung Satlantas Polres Pati adalah Generasi Millenial dan Generasi Qur’ani. Dia menerangkan arti dari tema tersebut. Menurutnya, anak-anak generasi millenial yang hidup di zaman sekarang perlu menguasai ilmu dan teknologi. Tapi, disamping itu, mereka juga harus tetap menjaga akidah dan syariah Islam.

“Anak-anak tidak ketinggalan teknologi, tapi pondasi dan landasannya (syariat Islam) juga harus tetap dipertahankan,” ujarnya.

Ada dua kategori yang dilombakan pada Lomba Tahfidz peringatan HUT Bhayangkara ke 71 dan peringatan Nuzulul Qur’an 1438 Hijriah ini. Kategori tahfidz 1 juz (juz ke 30) dan kategori tahfidz 5 juz (juz 1-5). Peserta umum berasal dari beberapa Kecamatan Se Kabupaten Pati.

Hamid menerangkan, “untuk dua kategori tersebut pesertanya dari pelajar dengan usia maksimal 13 tahun pada bulan juni 2017,”pungkasnya. (Athi’/bd)