Refleksikan Kembali Nilai-nilai Pancasila Menuju Indonesia Maju dan Jaya

Semarang (Inmas) – Menindaklanjuti Surat dari Menteri Sekretaris Negara RI Nomor B-365/M.Sesneg/Set/TU.00.04/05/2018 tanggal 25 Mei 2018 tentang Penyelengaraan Upacara Bendera peringatan hari Lahir Pancasila Tahun 2018, Kanwil Kementerian Agama Prov. Jawa Tengah menggelar Upacara Hari Lahir Pancasila di halaman kantor (Jum’at, 01/06) yang diikuti oleh seluruh ASN pada Kanwil Kementerian Agama Prov. Jawa Tengah .

Bertindak sebagai inspektur upacara, Kepala Kanwil Kementerian Agama Prov. Jawa Tengah, Farhani yang dalam amanatnya membacakan pidato sambutan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Tema  Peringatan hari Lahir Pancasila Tahun 2018  kali ini “Kita Pancasila : Bersatu, Berbagi, Berprestasi.”  Peringatan hari lahir Pancasila sebagai refleksi atas keberadaan Pancasila sekarang apakah hanya sebagai semboyan saja atau masih menjadi ideologi/ Fondasi kehidupan bangsa Indonesia. Apabila kita mengingat sejarah tentang lahirnya Pancasila, dimana para founding fathes bangsa Indonesia secara terbuka menerima pemikiran, gagasan dan merumuskannya menjadi dasar negara.

Dalam amanatnya, Farhani menyampaikan bahwa tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan kita dan meneguhkan semangat untuk bersatu, berbagi dan berprestasi. Mengingat bangsa Indonesia adalah bagsa yang besar, bangsa yang bermajemuk.

“Kita harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika. Kita harus bersatu dalam upaya untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin,” tegas Farhani.

Sebagai bagian dari peradaban dunia, Indonesia harus percaya diri dan berani bersaing dalam kehidupan dunia yang senakin terbuka dan kompetitif.

“Dengan modal semangat dan energi kebersamaan, kita akan mampu untuk memenangkan kompetisi,” imbuhnya.

Peringatan hari lahir Pancasila setiap tangal 1 juni sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

“Marilah kita terus amalkan warisan mulia para founding fathers untuk kemajuan bangsa dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia,” ajak Kakanwil .

Di akhir sambutannya Kakanwil meneruskan ajakan Presiden kepada para ulama, tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian. Dengan semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya. (wul/wul)