Rekruitmen Calon Petugas Haji Tahun 1438 H/ 2017 M Kankemenag Kabupaten Temanggung

Temanggung- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung menyelenggarakan test rekruitmen calon Petugas Haji (TPIHI dan TPHI) dan Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tahun 1438 H / 2017 M, Jum’at (28/04).

Test rekruitmen calon petugas Haji Tahun 1438/ 2017  tahap pertama ini dilaksanakan di Aula Gedung A yang test tertulis dan Aula Gedung B yang test wawancara dan diikuti oleh 11 peserta dengan rincian calon petugas Kloter (TPIHI ) 2 orang, calon petugas Kloter (TPHI) 6 orang serta Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 3 orang.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kabupaten Temanggung, MA Widagdo menyampaikan bahwa pendaftaran seleksi petugas haji dilakukan pada 18 April 2017. Penegasan ini disampaikan berdasarkan pengumuman dari Surat Kepala Kantor Wilayah Nomor B-/Kw.11.5/2/Hj.02/04/2017, tentang Penyiapan Calon Petugas yang Menyertai Jemaah Haji  Petugas Kloter (TPHI &TPIHI) dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Provinsi Jawa Tengah 1438 H /2017 M. Ia juga menambahkan bahwa jadwal penerimaan pendaftaran pada tanggal 18 s.d. 21 April 2017,  pengumuman peserta yang berhak mengikuti test tingkat Kankemenag tanggal 25 April 2017. Dan pelaksanaan tes kompetensi tahap pertama (28 April 2017), hasil koreksi / rekap hasil test diserahkan ke Kanwil Kemenag Jateng (2 Mei 2017), Pengumuman Peserta yang berhak mengikuti test di Kanwil Kemenag Jateng  (4 Mei 2017), Pelaksanaan Tes di Kanwil (10 Mei 2017), hasil tes dari Provinsi dibawa ke Pusat untuk dikoreksi (12 Mei 2017) dan penetapan untuk petugas (16 Mei 2017). Sedangkan pembekaln petugas yang menyertai Jamaah Haji direncanakan bulan Juni mendatang, tegasnya.

Menurutnya, rekruitmen petugas haji akan dilakukan secara professional dan terbuka. “Kami berupaya menjaring petugas haji yang bermental melayani sepenuh hati untuk mengantar jemaah haji melaksanakan ibadahnya dengan sempurna. Sebab, tantangan kerja petugas haji tahun ini lebih berat dari tahun-tahun sebelumnya,” imbuhnya.

Kuota petugas haji tahun ini lebih sedikit dibanding tahun lalu. Padahal, beban kerja pelayanan semakin besar karena adanya penambahan kuota haji. Hal ini menurut Widagdo menjadi tantangan tersendiri. Apalagi, suhu udara di Arab Saudi musim haji tahun ini diperkirakan akan lebih panas dari tahun lalu.

“Untuk itu kami benar-benar membutuhkan petugas yang tidak hanya cekatan dalam bekerja, cerdas dalam menyelesaikan masalah, juga harus memiliki kekuatan fisik yang prima,” tandasnya.

Peserta calon Petugas Haji yang mengikuti test tahap pertama adalah :  Saefudin Kepala Kantor, Nizar Kepala KUA Kec. Kranggan, Fuad Nur Idris Kepala KUA Kec. Kaloran, Supangat, Kepala KUA Kec. Selopampang, Solahudin Kepala KUA Kec. Bejen, M Sodik Staf Bimas Islam, Muhlisun Kepala KUA Bansari, Munsiri Kasi PD Pontren, Agus Ilham Kepala KUA Kec. Bulu, Pawit Ihsan Kepala KUA Kec. Tlogomulyo dan Maria Ulfah Staf PHU.(sr)