Reorganisasi KKG Penjaskes Menuju Peningkatan Kualitas Kinerja

Cilacap – Pendidikan jasmani dan kesehatan bagi Madrasah Ibtidaiyah memiliki peran yang strategis dalam pembibitan maupun penumbuhan bakat para atlet. Untuk mendukung eksistensinya diperlukan pengelolaan dengan manajemen yang baik. Sehingga Kelompok Kerja Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (KKG Penjaskes) MI dapat menghasilkan bibit-bibit unggul di bidang olahraga.

Sebagaimana organisasi lainnya, untuk mendorong peningkatan kualitas kinerja, KKG Penjaskes MI Kabupaten Cilacap, Kamis (12/4) mengadakan reorganisasi di Ruang Rapat Kankemenag.

Pada reorgasnisasi kali ini, terpilih sebagai Ketua baru adalah Dirin Diskamto, guru Penjaskes MI Glempang Maos. Wakil Ketua, Indra Budiman dari MI Wanareja dan Sekretaris Busro dari MI Kedungreja.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap melalui Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Makmur Khaeruddin dalam sambutannya mengatakan bahwa, KKG Penjaskes MI memiliki peran yang sangat penting dalam pembibitan atlet. Maju atau mundurnya prestasi madrasah di bidang olahraga sangat bergantung pada guru Penjaskes MI. Sehingga keberadaan KKG Penjaskes MI harus bisa membawa prestasi MI semakin baik di kancah olahraga.

“Salah satu dari panca prestasi madrasah adalah di bidang seni dan olahraga. Walaupun menduduki posisi terakhir, bukan berarti prestasi seni dan olahraga tidak penting. Panca prestasi madrasah merupakan satu kesatuan yang utuh dan saling berkaitan satu sama lain. Sehingga lemahnya salah satu prestasi akan berimbas kepada prestasi lainnya. Oleh karena itu saya minta KKG MI Kabupaten Cilacap mampu meningkatkan kreasi dan inovasinya dalam pembibitan para atlet. Sehingga prestasi olah raga madrasah di level atasnya juga semakin meningkat,”Ungkapnya.

Dikatakan lebih lanjut bahwa, pola-pola lama yang masih sesuai dan terbukti membawa hasil agar terus ditingkatkan kualitasnya. Ditambah cara atau metode baru yang lebih memiliki daya gedor dalam memacu semangat para siswa. Semangat merupakan kunci tumbuhnya energi yang dapat memacu prestasi dalam penyaluran bakat. Karenanya, pihaknya mengimbau agar guru Penjaskes dapat menggugah motivasi siswa agar dapat meraih prestasi terbaiknya.

Sementara itu, Ketua terpilih berkomitmen untuk dapat meningkatkan prestasi para siswanya. Karenanya, pihaknya meminta dukungan dari semua pihak, terutama para anggotanya agar dapat bekerja sama dengan baik. Koordinasi dan komunikasi yang baik menurutnya merupakan kunci keberhasilan dalam menjalankan tugasnya. Dia juga akan selalu meminta pertimbangan Kemenag dalam menentukan arah tujuannya. Sehingga sinergitas antara KKG Penjaskes dengan Kemenag akan selalu terjalin menuju prestasi madrasah terus lebih baik. (On/bd)