Resmikan Ruang Guru, Kakanwil Ingatkan Tri Amal Madrasah Jawa Tengah

Sukoharjo – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Musta’in Ahmad hadir meresmikan ruang guru MTs Negeri 2 Sukoharjo sekaligus pembinaan kepada pendidik dan tenaga kependidikan  pada Sabtu (30/10)

Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo, Kasi Pendidikan Madrasah, Pengawas Madrasah, Kepala MIN, Kepala MTsN dan Kepala MAN  se-Sukoharjo serta Komite MTs Negeri 2 Sukoharjo.

Dalam kunjungan di MTs Negeri 2 Sukoharjo, Musta’in Ahmad  menyampaikan Tri Amal Madrasah Jawa Tengah yang menjadi watak dan jati diri madrasah. Pesan tersebut disampaikan dalam kegiatan Pembinaan Pendidik dan Tenaga Pendidik MTs Negeri 2 Sukoharjo.

Pertama, Keislaman dan Keindonesiaan dalam satu tarikan nafas. Nilai keislaman dan keindonesiaan harus berjalan selaras. Musta’in menuturkan negeri ini menjadi tanggung jawab kita semua. Anak-anak harus terus dibimbing untuk melanjutkan estafet kepemimpinan formal maupun nonformal. Pendahulu kita yang sudah mewariskan pembangunan hingga saat ini hendaknya diteruskan sehingga terjadi kesinambungan pembangunan.

Kedua, Keilmuan dan Kemodernan. Musta’in menyampaikan bahwa salah satu kemoderenan diwujudkan dengan adanya transformasi layanan digital. Kantor Kementerian Agama Kabupaten se-Jawa Tengah mulai tanggal 10 November 2021 akan memberlakukan layanan surat dinas digital.

“Dengan adanya layanan surat dinas digital kita lebih cepat menyelesaikan surat-surat dinas yang diterbitkan.” jelasnya. Selanjutnya Musta’in menyampaikan bahwa guru harus inovatif menemukan cara baru dalam mengajar. Ada lebih dari satu cara dalam menyelesaikan masalah mengajar sehingga anak didik akan meningkat prestasinya.

 Ketiga,  Kemandirian dan Keumatan. Kemandirian artinya tidak bergantung pada orang lain. Keumatan artinya mampu menjadi bagian yang tumbuh bersama umat bisa berbaur dimasyarakat. ” Keilmuan yang didapat harus mampu diaplikasikan dimasyarakat” ujarnya.

Selesai memberikan sambutan Musta’in Ahmad memberikan penghargaan kepada anak-anak yang berprestasi yaitu Hanan Yumna Zakiyya  kelas 9 PK 2 yang merupakan satu-satunya siswa madrasah di Jawa Tengah yang akan mengikuti final KSN Tingkat Nasional 2021 bidang matematika. Hafizdah Azzakiyah  kelas 9 PK 1 dan Arum Bunga Aprilia kelas   9 PK 1 yang merupakan salah satu tim perwakilan madrasah di Jawa Tengah yang mengikuti  final  Myres 2021. Selain rangkaian sambutan, sejumlah penampilan peserta didik  juga turut memeriahkan acara tersebut seperti karawitan Laras Siswa Budaya, grup hadroh dan story telling. Disamping itu Musta’in Ahmad juga meninjau produk robotika MTs Negeri 2 Sukoharjo yang telah memenangkan berbagai perlombaan baik lokal maupun internasional. (ek/djp/rf)