Ribuan Santri Dan Ustadz Pondok Pesantren Di Batang Menggelar Upacara Secara Mandiri

* Hidayatul Muhtadin Kecamatan Reban sedang melaksanakan upacara bendera memperingati HUT RI ke 76

Batang – Setiap tanggal 17 Agustus, Bangsa Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan, dan Setiap Instansi Pasti Melaksanakan Kegiatan Upacara Bendera. Dan ditengah pandemi ini banyak dari instansi pemerintah dan swasta hanya melaksanakan upacara secara terbatas.

Santri Pondok Pesantren sebagai Bagian dari Komponen Bangsa yang juga ikut dalam sejarah perjuanagan bangsa ini tidak ketinggalan juga dalam peringatan Hari Kemerdekaan ini. Berbagai Ponpes di Kabupaten Batang secara mandiri menyelenggarakan Kegiatan Upacara Bendera Dalam Rangka Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 76  sebagai wujud rasa syukur atas nikmat kemerdekaan dan juga sebagai sarana mendoakan para pejuang yang telah gugur dalam proses kemerdekaan bangsa ini khususnya para syuhada dan Ulama serta santri yang dulu ikut bertempur.

Kepala Seksi Pendidikan Pondok Diniyah dan Pondok Pesantren H. Sugiedi dalam keteranganya mengatakan bahwa dalam momen 17 Agustus 2021 yang masih dalam pandemic ini, pihaknya memerintahkan pada seluruh pondok pesantren dibawah binaanya untuk mengikuti upacara bendera baik yang diselenggarakan oleh Pemereintah Kabupaten Batang maupun detik-detik proklamasi nasional.

“ Saya telah komunikasi dan mengajak pada seluruh Pondok pesantren untuk mengikuti upacara 17 Agustus 2021 baik yang diselenggarakan oleh pemerintah kabupaten Batang maupun nasional secara virtual,” kata H.Sugiedi.

* Pondok Pesantren Al Munawir Kecamatan Gringsing sedang melaksanakan Upacara Bendera Peringatan HUT RI ke 76

Dia juga menegaskan sampai malam tanggal 16 Agustus 2021 dirinya banyak menerima telefon dari para pengasuh pondok meminta ijin untuk melaksanakan upacara 17 Agustus 2021, sehingga dirinya hanya mengiyakan asal standard protokol kesehatan bagi para santri untuk diperhatikan.

“ Sampai malam tanggal 16 Agustus 2021 banyak para pengasuh pondok melaporkan bahwa pondoknya besuk paginya akan menyelenggarakan upacara sendiri, saya hanya mengiyakan saja namun harus dilaksanakan dengan protokol kesehatan secara ketat,” tegasnya.

Sementara itu pelaksana PD.Pontren Siswoyo yang memantau langsung dari pondok ke pondok menyatakan bahwa ada pondok yang melaksanakan upacara secara mandiri ada juga yang hanya mengikuti upacara secara virtual.

“ Sesuai pemantauan dan laporan yang masuk, ada pondok pesantren yang melaksanakan upacara secara mandiri bahkan sampai siang tanggal 17 Agustus 2021 sekitar 5 pondok pesantren melaporkan dengan melampirkan foto-foto pelaksanaan upacara tersebut, sementara yang lain ikut upacara secara virtual,” kata Siswoyo.

Dia juga menjelaskan bahwa upacara di Berbagai Pondok Pesantren  diikuti oleh Para Ustadz  dan santri, dan bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Para Pengasuh Pondok Pesantren. Sedangkan Ponpes yang melaporkan  melaksanakan Upacara diantaranya PM Tazakka Bandar, TPI Alhidayah Limpung, PP Hidayatul Muhtadin Reban, PP Khusnul Anwar, PP Hayatussyafiiyah  dan PP Jlamprang Bawang, serta Ponpes Almunawir Gringsing.( Sis/Pontren/Zy)