Ribuan Santri Gelar Apel di Alun-alun Kebumen

Kebumen – Ribuan santri dan siswa/i Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah hari ini, Senin (22/10) menggelar apel peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2018. Apel dilakukan di Alun-alun Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Apel perayaan Hari Santri Nasional tahun 2018 ini dipimpin Wakil Bupati Kebumen Jawa Tengah, KH. Yazid Mahfudz.

Terlihat di tribun tamu undangan, Kepala Kankemenag Kab Kebumen, Imam Tobroni beserta jajarannya, mulai dari Kepala Madrasah dan Kepala KUA ikut ambil bagian dalam menghormati apel Hari Santri Nasional untuk tahun ketiga, sejak ditetapkan pada tahun 2016.

Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, sejak penetapan HSN tanggal 22 Oktober, bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk pelaksanaan apel peringatannya. Melalui stakeholder terkait, Kemenag Kebumen memerintahkan seluruh satker di lingkungannya untuk berkontribusi dalam apel HSN tersebut. Termasuk mulai dari siswa-siswi Madrasah, santri pondok dan juga ASN satu atap ikut dalam apel di alun-alun Kebumen kemarin pagi. 

Sambutan Menteri Agama RI yang dibacakan Wakil Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz, mengharapkan agar Hari Santri dimaknai sebagai upaya memperkokoh umat beragama untuk saling berkontribusi dalam meningkatkan martabat bangsa demi kemajuan, kesejahteraan, keadilan dan kemakmuran rakyat Indonesia.

Yazid Mahfudz juga mengingatkan, agar seluruh elemen masyarakat yang belajar ke pesantren untuk mencurahkan energinya dalam menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat. “Terlebih dalam situasi dan kondisi saat ini yang marak dengan hoaks dan ujaran kebencian yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Yazid.

Selesai apel, Wakil Bupati Kebumen diiringi tamu undangan dan Kepala Kankemenag, juga berkenan memberikan trophy dan hadiah lomba Musabqoh Qiroatul Kutub (MQK) yang usai dilaksanakan pada beberapa hari sebelumnya untuk memperingati HSN. 

Perayaan Hari Santri Nasional 2018 di Alun alun Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah juga diisi dengan kirab santri dan pembagian doorprize. (pt/sua)