Ribuan Siswa RA Antusias Ikut Manasik Haji

Rembang – Ribuan siswa Raudlotul Athfal (RA) tampak memenuhi lapangan yang terletak di depan Gedung Haji, Jl. Pemuda Rembang. Ribuan siswa itu berbalut pakaian ihram. Rupanya siswa tersebut tengah mengikuti manasik haji yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) Kabupaten Rembang pada Selasa (12/9).

Dengan dipandu oleh panitia, yaitu para guru dan pengawas madrasah, ribuan siswa RA tersebut melaksanakan satu persatu rukun haji , yaitu mulai berwukuf di Arafah, melempar jumrah, thawaf, dan sa’i.

Ketika praktik melempar jumrah ula, wustho, dan aqabah, para siswa tampak antusias. Dan tanpa merasa kelelahan, ribuan siswa tersebut mengikuti jalannya manasik haji dengan tertib, walaupun dalam kondisi di bawah sengatan matahari.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kabupaten Rembang yang bertindak sebagai pembuka acara mengatakan, kegiatan manasik ini sangat positif dan bermanfaat bagi para siswa RA untuk mengetahui bagaimana praktik berhaji di lapangan.

“Selama ini mereka hanya bisa menyebutkan rukun-rukun haji melalui lagu saja,” ujar Jasim.

Ketua IGRA Kabupaten Rembang, Hj. Nuryani mengatakan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan di bulan Dzulhijjah untuk mengingatkan kepada para siswa, bulan ini adalah bulan haji.

“Sebagai salah satu rukun Islam, kami ingin memberikan edukasi kepada para siswa RA berupa praktik haji,” kata Nuryani.

Manasik haji tersebut diikuti oleh sekitar 3.000 siswa dari 58 RA dan 8 TK di Kabupaten Rembang. Manasik haji berlangsung mulai pagi hingga siang hari. Beberapa aparat keamanan tampak sibuk mengatur lalu lintas karena penuhnya jalan oleh kendaraan yang mengantarkan peserta manasik haji ini. — ss/bd