Ribuan Warga Blora Bersholawat, Jaga Keutuhan NKRI

BLORA. Ribuan warga Blora yang berasal dari Kecamatan Jiken, Jepon dan sekitarnya kemaren malam (19/5) berkumpul mengikuti acara pengajian akbar “JIKEN BLORA BERSHOLAWAT” di lapangan Bhayangkara Residence Desa Tempellemahbang. Dengan melantunkan lagu-lagu pujian, bersholawat kepada Nabi Besar Muhammad SAW dan berdoa bersama, seluruh jamaah sepakat menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ditengah gencarnya berita hoax yang berpotensi menimbulkan perpecahan.

Sebagai pembicara, hadir Habib Muhammad Syarif Al Habsyi dari Solo, KH Muhtadi Noor Blora dan Ketua Syekhermania Pusat Gus Muhammad Miftahuddhuha. Sementara itu dari jajaran Forkopimda Blora hadir Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si, Kapolres Blora AKBP Surisman SIK, MH, Dandim 0721 Blora, Ketua PCNU Blora Anunur Rofiq, Kasi PD Pontren Kemenag Blora dan tokoh agama lainnya.

Mereka berkumpul bersama sejak pukul 19.00 WIB dan bersholawat secara massal. Di tengah acara yang mengangkat tema “Merajut Ukhuwah Nahdliyah, Merawat Ukhuwah Wathoniyah untuk Keutuhan NKRI” ini, Kapolres Blora AKBP Surisman SIK MH berkesempatan memberikan himbauan tentang pentingnya menjaga keutuhan NKRI dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang penuh keberagaman.

Sebelum acara inti dimulai, ada beberapa tahapan acara yang dilaksanakan seperti menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan ikrar Cinta NKRI yang dilakukan secara bersama-sama dan dilanjutkan tausiah dari Habib Muhammad Syarif Al Habsy.

Habib Muhammad mengajak kepada para jamaah supaya jangan terpengaruh dengan isu-isu negatif yang berkembang akhir akhir ini di Indonesia, serta mengajak selalu mendoakan kepada para pemimpin bangsa agar selalu dilindungi dan diberi kekuatan dalam menangani permasalahan yang datang silih berganti.

“Untuk Pemerintah, TNI dan Polri juga harus kita dukung langkah langkah positifnya” tambahnya.

Wakil Bupati H.Arief Rohman mengapresiasi panitia yang menyelenggarakan kegiatan JIKEN BLORA BERSHOLAWAT. Menurutnya kegiatan ini sangat tepat untuk menyikapi santernya pemberitaan tentang isu SARA yang mengancam perpecahan umat di Indonesia.

“Saya mewakili Pak Bupati berterimakasih dan mendukung kegiatan positif seperti ini. Semoga kedepan bisa terus dilaksanakan di lokasi lainnya. Mari kita wujudkan Blora yang aman, rukun, sejahtera dan bermartabat,” pungkasnya.

Acara berlangsung damai dengan penjagaan ketat puluhan aparat kepolisian. Meskipun lokasinya berada di tepi Jl.Blora-Cepu, namun kemacetan arus lalu-lintas bisa diantisipasi oleh jajaran Satlantas Polres Blora.

Kepala kankemenag Blora, Nuril Anwar menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan sholawat yang berdampak positif bagi peningkatan keimanan kepada Allah SWT dan mengajak masyarakat untuk mendekatkan diri pada agama serta menjauhi maksiyat, meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan silaturahim bersama.

Menurutnya melalui kegiatan bersholawat akan menumbuhkan kecintaan untuk selalu melantunkan doa doa kebaikan dan pujian pada Allah dan RasulNya sehingga masyarakat semakin mencintai agamanya. (ima/bd)