virtual meeting “Persiapan KSM dan Gebyar Prestasi Madrasah se Kab. Pati

Ruhani Imbau Madrasah di Pati Bersiap Hadapi KSM 2021

Pati – Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Ruhani mengimbau kepada seluruh kepala madrasah se Kab. Pati agar segera bersiap menghadapi ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2021.

“Saya ingin kita semua segera bersiap menghadapi ajang KSM yang tidak lama lagi akan digelar,” ujar Ruhani saat memberikan arahan pada kegiatan virtual meeting “Persiapan KSM dan Gebyar Prestasi Madrasah se Kab. Pati” di hadapan 400an kepala madrasah se Kab. Pati pada Selasa siang (17/8/2021)

Lebih lanjut, Ruhani mengatakan pelaksanaan KSM tingkat provinsi akan digelar pada bulan September untuk tingkat Provinsi,” lanjutnya.

Dia berharap dengan persiapan yang matang lewat seleksi dari satuan pendidikan, akan melahirkan peserta yang mampu bersaing ditingkat provinsi bahkan nasional. “Kerahkan semua kemampuan SDM Madrasah untuk mendulang prestasi pada KSM tahun ini. Semoga dengan seleksi dari satuan pendidikan, akan melahirkan siswa yang mampu bersaing di tingkat provinsi dan nasional,” harap Ruhani.

Pada kesempatan itu, Ruhani sangat mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih pada madrasah-madrasah di kabupaten pati yang sudah menorehkan prestasi baik di tingkat provinsi maupun nasional. “Saya berharap dengan raihan prestasi ini bisa semakin menambah semangat serta motivasi bagi para siswa/i maupun guru untuk lebih baik lagi di berbagai bidang. Untuk yang sudah berhasil jangan terlena mari terus belajar agar berprestasi lagi dan bagi yang belum meraih prestasi mari jadikan hal ini sebagai pengalaman berharga dan pelecut untuk lebih baik lagi. Madrasah Hebat Bermartabat,” tuturnya 

Hal serupa disampaikan Ketua Komite Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Kab.Pati Tahun 2021, Suwarno yang juga memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua madrasah yang telah berpartisipasi aktif dengan mendaftarkan peserta didik terbaiknya mengikuti KSM.

Disampaikannya bahwa angka prosentase keikutsertaan madrasah pada ajang KSM tahun ini tercatat untuk jenjang MI 96,2%,   MTs 97,8%, dan MA 95,3%.  Masih ada beberapa madrasah yang belum mengikuti disebabkan belum memiliki peserta didik yang memenuhi syarat untuk mengikuti lomba.

“Tingginya angka prosentase keikutsertaan ini adalah bukti kesungguhan madrasah memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada peserta didik untuk berkompetisi dan meningkatkan prestasi melalui ajang KSM yang sudah barang tentu akan memberi kontribusi positif terhadap perkembangan dan peningkatan kompetensi peserta didik,” tegas Suwarno.

Suwarno yang juga sebagai Ketua Pokjawas Madrasah Kab. Pati berharap besarnya angka partisipasi peserta KSM Kab. Pati hendaknya diikuti pula dengan upaya sungguh sungguh untuk mampu mengukir prestasi di ajang KSM tingkat provinsi nanti, sehingga peningkatan kuantitas tentu harus dapat diimbangi dengan peningkatan kualitas.

Ia juga menyampaikan bahwa sekarang ini KSM sudah memasuki tahapan persiapan pelaksanaan tingkat Kabupaten dimana beberapa hari sebelumnya tepatnya tanggal 14 sd 16 Agustus telah dilaksanakan uji coba secara nasional. Meskipun pada saat ujicoba masih ditemui beberapa kendala teknis pada aplikasi, namun diharapkan pada saat pelaksanaan KSM tanggal 21-23 Agustus 2021 nanti, kendala-kendala tersebut sudah dapat teratasi dan KSM berjalan dengan lancar.

“Sesuai jadwal yang ditentukan Panitia Pusat, KSM akan dilaksanakan dengan urutan tgl 21 Agustus 2021 jenjang MA meliputi 6 mata pelajaran, tanggal 22 Agustus 2021 jenjang MTs meliputi 3 mata pelajaran dan tanggal 23 Agustus 2021 jenjang MI meliputi 2 mata pelajaran. Juara 1, 2 dan 3 KSM disetiap mata pelajaran yang dilombakan di tingkat Kabupaten ini akan dikirim pada ajang yang sama di tingkat Provinsi,” paparnya.

Untuk memaksimalkan capaian prestasi KSM dari Kab Pati, Suwarno berharap  waktu yang tinggal beberapa hari ini benar-benar digunakan untuk memberikan pembimbingan secara maksimal sesuai dengan uraian materi yang tercantum pada Juknis KSM 2021 ini, yang nantinya juga dilanjutkan dengan pembimbingan intensif kepada para juara yang akan berlaga di tingkat Provinsi tanggal pada 18-20 September 2021 nanti.

Selanjutnya disampaikan pula bahwa meskipun KSM diselenggarakan secara online dimana peserta mengikuti lomba dari tempatnya masing-masing baik dari rumah maupun dari madrasah, peserta tetap diharapkan mengikuti lomba dengan penuh integritas sesuai tata tertib karena akan diawasi secara online oleh pengawas lomba.

Pada akhir penjelasannya, Ketua komite KSM kab. Pati ini mengingatkan para kepala madrasah untuk mendokumentasikan kegiatan lomba dengan baik dan menyusun laporannya, termasuk lomba KSM kali ini. “Laporan-laporan kegiatan kesiswaaan  yang dilengkapi dengan dokumen pendukung seperti surat tugas pembina, jadwal pembimbingan, dokumentasi, catatan hasil lomba akan sangat bermanfaat untuk menunjukkan kinerja kepala madrasah, dimana dokumen laporan seperti ini sering ditanyakan pada saat madrasah mengikuti akreditasi,” pungkasnya.

Kegiatan ini ditutup dengan tanya jawab seputar kompetisi sains madrasah dan laporan prestasi madrasah di Kabupaten Pati. (at/qq)