Rukyatul Hilal Penentu Awal Bulan Syawal

Kota Magelang. Membangun kebersamaan untuk pelayanan masyarakat dalam menyambut Idul Fitri 1442 H adalah sebuah keniscayaan, untuk itu kementerian agama kota Magelang bersama jajaran dan kementerian agama Purworejo melaksanakan Rukyatul Hilal Syawal 1442 di pantai Dewaruci Jati malang Purworejo. Demikian disampaikan Sofia Nur Kepala kantor kementerian agama kota Magelang, Selasa (11/5).

“Mengedepankan pada kebersamaan memberikan pelayanan optimal pada masyarakat” kata Sofia

Hadir dalam kesempatan tersebut Kabag kesra Purworejo Faturohman mewakili Bupati Purworejo dalam penjelasan disampaikan “kegiatan yang dilaksanakan hari ini adalah upaya untuk memberikan informasi yang baik kepada masyarakat, penetapan satu Syawal adalah bagian penting tugas pemerintah yang dalam hal ini kementerian agama, karena itu kehadiran kepala kantor kementerian agama kota Magelang dan Purworejo adalah wujud tanggung jawab yang berat dan harus dilaksanakan untuk kemahslatan bersama” Tegas faturohman

“Terima kasih dan apresiasi sisasi kepada semua yang hadir saat ini,ini adalah soport untuk pemerintah dalam menyampaikan amanat kepada masyarakat.” Jelas Faturrohman.

Pelaksanaan rukyatul hilal satu Syawal 1442 H dilaksanakan di pantai Dewaruci Jatil malang kabupaten Purworejo turut hadir kepala kantor kementerian agama kota Magelang bersama kasi bimas Islam, kasi Pakis, gara zawa, kepala KUA se kota Magelang dan kementerian agama kabupaten Purworejo bersama jajaran.

Rukyatul hilal dilaksanakan bertujuan memenuhi ketentuan syariat untuk menentukan awal bulan Syawal.

Harapan dengan diadakan rukyat hilal sebagai data empiris, melengkapi Hisab yang telah dilakukan sebelumnya. Tim didampingi oleh pengadilan agama dan Seluruh tim baik kementerian agama kota Magelang maupun kementerian agama kabupaten Purworejo tidak satu pun yang melihat hilal dan hasil akan dilaporkan ke kantor wilayah kementerian agama provinsi Jawa tengah. (Wahono)