Saerozi : Pentas PAIS Untuk Tumbuhkan Generasi Cinta Qur’an

Kendal – Generasi muda harus sejak dini ditumbuhkan kecintaannya terhadap Al Quran sebagai pedoman hidup, maka dalam seleksi Pentas PAIS diadakan lomba yang mendukung maksud tersebut seperti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Hifdzul Quran (MHQ), Lomba Cerdas Cermat Islami, Kreasi Islami. Demikian diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kendal Saerozi dalam pembukaan Pentas Seleksi PAIS Selasa (15/08) di halaman kantor setempat.

Selain hal itu, tambah Saerozi, pelajar sebagai kader tunas bangsa perlu ditanamkan jiwa agamis dan memahami syariat melalui pendidikan dan pengembangannya untuk menumbuhkembangkan watak yang jujur, tekun, cermat serta berpandangan terbuka dan paling utama adalah berakhlak mulia.

“Siswa harus digali potensinya untuk dikembangkan menjadi kader tunas bangsa yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujar Saerozi.

Mantan Kankemenag Kab. Boyolali itu menambahkan, ilmu pengetahuan dan teknologi dan agama tidak bisa dipisahkan, keduanya saling terkait. Agama juga membahas ilmu pengetahuan sedangkan iptek butuh agama sebagai penuntun langkah agar tidak melenceng dari jalurnya.

Kepada kontingen dan official Kepala Kemenag berpesan, agar berlomba dengan fair , jujur dan profesional agar memunculkan juara yang benar-benar berkualitas karena pemenang dari pentas PAIS tingkat kabupaten ini akan dibawa ke tingkat selanjutnya yaitu tingkat Provinsi.

“Semoga pentas PAIS ini menghasilkan pemenang yang berkwalitas terbaik, karena nanti akan berkompetisi dengan kabupaten lain saat berlomba di tingkat Jawa Tengah,” ujarnya

Ditambahkan, Semua komponen diharapkan jujur dan legowo dalam mengikuti dan menilai lomba supaya saat pengumuman tidak ada protes atau penolakan bahkan klaim yang kalah lebih baik dari pemenang. “Jangan sampai orang tua atau guru malah yang menolak hasil padahal murid atau peserta menerima hasil lomba,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Khaerondi menerangkan seleksi Pentas PAIS ini terkonsentrasi di 2 tempat yaitu di Kantor Kemenag Kendal serta Pondok Modern Selamat(PMS), “Dengan 11 cabang lomba kita bagi lokasi lomba di 2 tempat yaitu Kantor serta PMS,” kata Khaerondi.

Dijelaskan Khaerondi, Pemenang dari seleksi ini akan dibawa ke Seleksi tingkat Provinsi Jawa Tengah yang akan dilaksanakan 28-29 Agustus 2017.(ja/gt)