Safari Ramadhan, Bakti sosial OSIM MAN 2 Banjarnegara di Pagedongan

Banjarnegara – Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MAN 2 Banjarnegara menggelar kegiatan bakti sosial bertajuk Safari Ramadan selama dua hari satu malam tanggal 1 sampai 2 Mei 2021 di Desa Jagangsari, Kecamatan Pagedongan, Banjarnegara.

Acara yang diikuti oleh 30 anggota OSIM dari kelas X dan XI dan dua orang Pembina ini terdiri dari pembukaan, kegiatan bersih-bersih masjid dan lingkungan sekitar, tadarus, sharing pengalaman dengan anak-anak dan remaja desa, buka bersama, tarawih berjamaah, kultum, sahur, kuliah subuh, pembagian sembako bagi warga yang berhak menerima dan terakhir penutupan.

Kepala Madrasah, Ridlo Pramono mendukung penuh kegiatan tersebut. Menurut beliau bulan Ramadan harus diisi dengan hal-hal positif dan bermanfaat, terlebih bagi sesama. “Alhamdulillah, anggota OSIM bisa membuat sebuah agenda yang bermanfaat tidak hanya untuk diri mereka sendiri tapi juga masyarakat. Hal ini juga bisa menjadi wadah bagi mereka untuk belajar terjun langsung di masyarakat,” ungkapnya.

Kegiatan Safari Ramadan tersebut bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan meningkatkan ukhuwah islamiyah antara peserta dari OSIM maupun masyarakat di bulan suci Ramadan ini.

Agus Mahmud, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan mengungkapkan tujuan kegiatan ini selain untuk menjalin silaturahmi juga sebagai ajang untuk melatih siswa bermasyarakat.

“Kami berharap melalui kegiatan ini mereka bisa mengimplementasikan pelajaran yang diperoleh di madrasah saat terjun di masyarakat, melatih mereka menjadi dai-dai muda yang handal, mandiri, dan dewasa secara mental,” ungkapnya

Hal senada juga di sampaikan oleh M. Sharul Ma’ruf selaku ketua OSIM menyampaikan perasaan senangnya dapat mengaplikasikan ilmu berorganisasi yang sesungguhnya.

“Alhamdulillah sangat senang dengan kegiatan ini, kita bisa belajar di luar madrasah terjun langsung di masyarakat. Tentu manfaatnya banyak untuk kami dan bersyukur bisa mengisi bulan Ramadan dengan kegiatan yang positif,” terangnya.

Sementara Yatno, salah satu Pembina OSIM yang hadir dan menjadi Pemateri dalam kegiatan tersebut menjelaskan Safari Ramadan masih satu rangkaian dengan kegiatan Amaliyah Ramadan di madrasah.

“Kegiatan ini merupakan program tahunan OSIM yang rutin setiap Ramadan. Melalui kegiatan ini, siswa dilatih mengisi bulan suci ini dengan banyak ibadah seperti tilawah Al-Qur’an, tarawih, dan kajian Islam,” jelasnya. Beliau juga menambahkan kegiatan ini bisa digunakan sebagai ajang promosi dan sosialisasi MAN 2 Banjarnegara agar semakin dikenal luas di masyarakat. (ta/ak/rf)