Sambut Pemberlakuan SIMKAH Web, Kemenag Cilacap Gelar Sosialisasi

Cilacap – Sistem Manajeman Nikah (SIMKAH) Berbasis Website, merupakan upaya Kementerian Agama dalam meningkatkan kualitas layanan di KUA. Karenanya, sebagai bagian dari instansi vertikal, Kankemenag Cilacap menggelar Sosialisasi SIMKAH Web, Kamis (29/11) di Aula Kantor. Kegiatan diikuti oleh seluruh operator dari 25 KUA se Kabupaten Cilacap.

Pelaksana tugas Kankemenag Kab Cilacap, melalui Kasubbag TU, Jasmin, dalam sambutannya mengatakan bahwa, pemberlakuan SIMKAH berbasis Web merupakan hal yang sangat penting. Karenanya, seluruh operator harus mampu menggunakan aplikasi secara baik.

Dikatakan bahwa, sebelumnya Kemenag Pusat sudah menguji coba di lebih dari 2.000 Kantor Urusan Agama (KUA) seluruh Indonesia. Hal tersebut untuk memastikan sistem yang dibuat dapat berjalan dengan baik, serta meminimalisasi hambatan yang mungkin terjadi.

Dia menjelaskan, Simkah Web merupakan inovasi pelayanan yang bertujuan meningkatkan kualitas layanan publik dan kinerja layanan KUA. Selain dapat melakukan pendaftaran nikah on line, masyarakat juga dapan memberi saran dan masukan terkait layanan KUA, termasuk survei kepuasan layanan. Sehingga fungsi tersebut sangat penting sebagai sarana untuk mengembangkan layanan yang terus lebih baik.

Dia berharap, Simkah Web akan semakin mendorong pelaksanaan reformasi birokasi di lingkungan Kementerian Agama, terutama dalam pelayanan catatan pernikahan di KUA. Sebab, menurutnya semua informasi terkait peristiwa nikah dan pencatatan pernikahan akan terpapar dengan transparan di Simkah Web. Misalnya, biaya yang harus disetor, ke mana setoran tersebut, jadwal yang tersedia untuk melangsungkan pernikahan, dan lainnya.

Sementara itu, dalam kegiatan sosialisasi para operator dipandu langsung praktek secara nyata. Berbekal berkas pendaftaran yang asli, data yang diinput melalui aplikasi diharapkan menghasilkan pengalaman yang riil. Dengan begitu, operator SIMKAH sebagai pengelola data nikah di KUA nantinya betul-betul menjadi tenaga profesional. Endingnya, SIMKAH Web dapat berfungsi nyata dalam meningkatkan layanan di KUA. (On/bd)