Satu Goresan Sejuta Perubahan

Parakan – OSIS MTsN Parakan melaksanakan  latihan Jurnalistik, selama 2 hari yaitu tanggal  4-5 Februari 2017. Kegiatan ini diikuti sebanyak 60 siswa dengan materi latar belakang jurnalistik dan sejarahnya, serta pentingnya teknik penulisan. Kegiatan tersebut, mendapat perhatian serius oleh pihak madrasah dan Pendidikan Madrasah Kementerian Agama, Kabupaten Temanggung. Pasalnya jurnalistik, dianggap sebagai bagian dari pendidikan demokrasi, sudah saatnya untuk dipahami oleh siswa.

Dengan mengambil tema “ satu goresan sejuta perubahan” kegiatan ini mempunyai tujuan untuk membekali para siswa dalam hal penulisan dan mengaktualkan dirinya lewat media. Dan sebagai tujuan final kegiatan ini adalah pembuatan majalah siswa. “Sebab sebagai bagian dari kelompok terdidik, pelajar juga harus memiliki kemampuan dalam mengembangkan potensi dirinya. Salah satunya jurnalistik, yakni dunia tulis menulis yang memberi kesempatan kepada individu, khususnya pelajar dalam meningkatkan keahlian,” jelas Kepala MTs N Parakan , Agus Salam saat membuka kegiatan pelatihan jurnalistik.

Menurutnya, selain memiliki dampak positif bagi siswa, untuk menyampaikan gagasan mereka kepada publik di lingkungan tempat mereka belajar. Pelatihan jurnalistik, yang diprakarsai institut pendidikan hidup sebuah lembaga informal yang begerak dibidang pengembangan bakat dan potensi kreatif, diharapkan dapat memberikan semangat siswanya.

“Khususnya bagi para pelajar dan masyarakat umum, kami melakukan kerjasama dengan wartawan Majalah SEKOLAHKU, ” katanya.

Secara terpisah, menurut sejumlah siswa MTsN Parakan peserta pelatihan, mengatakan pelatihan jurnalistik membuat mereka tergugah dan merasakan asyik, serta enjoy. Mereka mengaku tidak hanya berkenalan dengan dunia jurnalistik, tapi juga diperkenalkan pada gerakan berfikir kreatif guna memotivasi minat belajar, juga membangun kreativitas untuk berkarya. (Humas/ Afief)