Satu Pasang Calon Pengantin di Banjarnegara Langsungkan Nikah Disaksikan Menteri Agama dan Bupati Banjarnegara

Wonosobo – Bagaikan mimpi bertemu publik figure tokoh ternama di Indonesia, Joko Priyono dan Annisa Nuraini menjadi pasangan beruntung yang memiliki kenangan istimewa dalam pelaksanaan ijab qabul pernikahannya di KUA Kecamatan Banjarnegara pada hari Sabtu, (29/5) kemarin. Pasalnya pernikahan keduanya langsung disaksikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut dan Bupati Banjarnegara, yang saat itu hadir menjadi saksi sekaligus Pencanangan Revitalisasi KUA oleh Gus Yaqut di KUA Banjarnegara.

Revitalisasi KUA menjadi strategi dalam upaya peningkatan layanan KUA yang keberadaannya sangat strategis sebagai ujung tombak Kementerian Agama di tingkat Kecamatan. Sejarah panjang KUA dengan peran tokohnya yaitu penghulu telah dikenal sejak masa kerajaan Mataram menjadi bukti bahwa penghulu hadir untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap berbagai persoalan keislaman.

Kementerian Agama dalam melaksanakan tugas, fungsi dan perannya sangat terbantu dengan keberadaan KUA ditengah-tengah masyarakat, para penghulu dan penyuluh harus selalu siap memberikan pelayanan terbaiknya. Melalui Revitalisasi KUA diharapkan pelayanan KUA kepada masyarakat akan semakin meningkat, wajah KUA dengan Revitalisasi ini akan semakin meyakinkan gedung yang megah dengan fasilitas dan layanan digital.

KUA dengan komitmen totalitas  melayani masyarakat harus inovatif dan kreatif hadirkan pelayanan prima, semuanya harus memberikan pelayanan terbaiknya, budaya melayani harus selalu tercermin dalam setiap sikap dan tindakan pelayanan oleh semua yang bertugas di KUA, kata Gus Yaqut. Masyarakat harus memperoleh haknya untuk mendapatkan pelayanan terbaik KUA, tandas Gus Menteri.

KUA Banjarnegara terpilih sebagai salah satu KUA Model sebagai pilot projec Revitalisasi KUA bersama lima KUA lainnya yaitu KUA Sidoarjo, KUA Sewon Bantul, KUA Ciawi Gebang Kuningan, KUA Gunung Sugih Lampung dan KUA Girikanaya Makasar.

Kankemenag Banjarnegara, Agus Soeryo Suripto, tampilkan pelayanan terbaiknya pada KUA Banjarnegara dengan digitalisasi layanan, mulai layanan pendaftaran nikah hingga  kartu nikah digital serta seluruh layanan terintegrasi dalam satu sistem pelayanan digital, tampak Soeryo sangat lihai jelaskan semua layanan kepada Menteri Agama.

Sementara itu, Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid, di Rumah Dinas saat menyaksikan pencanangan secara virtual menyampaikan, merasa bangga dengan tampilan layanan terbaik KUA dan program revitalisasi KUA gagasan Gus Menag, “program revitalisasi KUA yang dijadikan projeck percontohan adalah enam KUA se Indonesia ini harus dijadikan motivasi bagi kita untuk belajar memberikan pelayanan terbaik serupa di setiap KUA,” tandasnya.

Secara terpisah Kasi PAIS yang menyaksikan melalui Zoom Meeting juga menyampaikan dengan tampilan digitalisasi layanan dan megahnya bangunan, KUA Banjarnegara sangat layak menjadi KUA Model yang menyajian  tampilan layanan terbaiknya, “Selamat dan Sukses Revitalisasi KUA”, kata Fakih. Ps-ws/qq