SBT, Bangun Mental Spiritual Siswa Madrasah Dalam Menghadapi Ujian

Klaten – Dalam rangka menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kelas IX, Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional, Berbasis Komputer (UAMBN BK) tahun ajaran 2018/2019, MTsN 7 Klaten menggelar Spiritual Building Training (SBT).

Kegiatan yang diikuti seluruh siswa kelas IX dan guru yang diadakan di masjid Nurul Ilmi MTsN 7 Klaten, dengan narasumber/ motivator dari tim SBT, Ery Prasetya, dari Yogyakarta, Kamis, (14/3).

Kepala MTsN 7 Klaten, Sunyata mengatakan, kegiatan SBT ini dengan memberikan dan membangun motivasi kepada siswa kelas IX agar siap semuanya.

“Saya menginginkan mental spiritual dan kemampuan akademik dalam menghadapi ujian sekolah tahun ini terbangun dengan baik,” tutur Sunyata.

Dengan SBT diharapkan anak itu tidak minder atau percaya diri dengan harapan hasil ujian akan baik dan sesuai dengan yang diinginkan. Ujian nasional masih dianggap oleh sebagian siswa merupakan salah satu momok yang harus dihadapi.

“Persiapan materi pembelajaran saja tidaklah cukup, butuh persiapan mental agar sukses dalam mengerjakan ujian. Dan kegiatan SBT seperti ini salah satu caranya,” tandas Sunyata.

Sementara itu, Ahmad, Ketua Panitia SBT mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu cara madrasah menguatkan mental spiritual siswa menjelang ujian.

“Kita isi hati dan mental mereka agar siap mengikuti ujian baik UAMBN, UASBN dan UNBK 2019,” kata Ahmad.

Lebih lanjut dia mengatakan, pelaksanaan SBT bersama ini merupakan rangkaian belajar siswa untuk bisa berhasil mengikuti tahapan ujian.

“Artinya bahwa kita ingin semua ujian yang dilakukan dan dilaksanakan siswa madrasah, bisa dilalui dengan baik dan hasil yang memuaskan,” ujarnya.

“Kegiatan ini juga memberikan rasa percaya diri pada siswa, bahwa setelah sekian lama berusaha keras belajar dan berdoa minta pada Allah SWT, jika tiba waktunya ujian tidak lagi terbebani apapun, selain percaya bahwa Allah akan memberikan jalan yang terbaik dan kemudahan,” imbuhnya.(nh-aj/sua).