Sebanyak 47 MTs di Kabupaten Wonosobo Serentak Lakukan PAT

Wonosobo – Sebanyak Empat Puluh Tujuh Madrasah Tsanawiyah (MTs) se Kabupaten Wonosobo mulai tanggal 2 hingga 12 Juni mendatang, serentak laksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) baik secara daring maupun luring.

Pelaksanaan PAT tersebut sesuai dengan jadwal yang telah diterbitkan Kankemenag Kab. Wonosobo melalui seksi Pendidikan Madrasah tertanggal 16 April 2021 yang lalu.

Totok Jumantoro, pada hari Kamis (3/6) saat di hubungi diruangannya mengatakan surat yang berisi jadwal kelulusan peserta didik tersebut sebagai upaya tindak lanjut surat dari Kanwil Kemenag Prov. Jateng nomor : 14.020/Kw.11.2/1/PP.00/04/2021 tanggal 14 April 2021 tentang penyelenggaraan kelulusan dan kenaikan kelas di Madrasah tahun pembelajaran 2020/2021, “surat sudah kami sampaikan ke seluruh madrasah berisi tanggal penting dalam kalender pendidikan madrasah sebagai acuan pelaksanaan kegiatan di Madrasah,” kata Totok.

Totok menambahkan untuk pelaksanaan PAT sudah dimulai, dan pada hari Kamis (3/6) merupakan hari kedua pelaksanaan PAT. Ia katakan untuk tim Pemantau pelaksanaan PAT juga sudah dibuat, “susunan tim pemantau PAT Jenjang Madrasah sudah dibuat dan dilaksanakan. Hari ini Kami juga akan mengunjungi beberapa Madrasah untuk dilakukan monitoring,” tambah Totok Jumantoro.

Selanjutnya sesaat sebelum keberangkatannya melakukan tinjauan dan monitoring pelaksanaan PAT, Kakankemenag Kab. Wonosobo Ahmad Farid, diruangannya mengatakan dengan adanya monitoring dari tim pemantau merupakan salah satu bentuk perhatian Kankemenag Kepada Satker, “dengan adanya monitoring dari tim pemantau diharap mampu menambah motivasi bagi Madrash untuk meningkatkan pelayanannya kepada siswa yang mengikuti PAT,” katanya.

Farid mengatakan, pihaknya akan melakukan pemantauan di empat Madrasah yang sudah dijadwalkan, “hari ini kami ingin memastikan betul pelaksanaan PAT di madrasah berajalan dengan lancar. Sesuai jadwal kami dijadwalkan di empat lokasi yaitu MTs Maarif Sukoharjo, MTs N 1 Wonosobo, MTs Maarif Selomerto, dan MTs Maarif Sojokerto,” imbuhnya.

Ia menghimbau kepada penyelenggara PAT dalam hal ini masing-masing madrasah, dapat menjalanlan tugasnya sampai hari terakhir PAT dengan penuh tanggung jawab, “mengingat PAT sangat penting dan dilakukan ditengah pandemic, diharapkan Penyelenggara PAT dapat memperhatikan betul peserta didiknya dengan terus mensuport dan mengingatkan untuk menjaga kesehatan dan menerapkan prokes,” tandasnya. Ps-ws