Sebanyak 888 Jemaah Haji Grobogan telah Kembali

Grobogan – Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Grobogan yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 73, 74 dan 75 berangkat pada tanggal 6 dan 7 Agustus 2018 lalu, kini telah tiba kembali di kampung halaman dan menyandang predikat haji. Dengan diangkut armada bus, jemaah haji kloter 73 tiba di Pendopo Rumah Dinas Bupati pada pukul 04.00 WIB pagi, sementara kloter 74 tiba di Pendopo Grobogan pada pukul 14.00 WIB dan disusul kloter 75 pukul 22.30 WIB pada hari Rabu (19/09) dengan lancar.

Keluarga yang menjemput, menyambut dengan suka cita dan rasa haru. Setelah keluar dari bus, mereka langsung bertemu dengan keluarga yang sudah menunggu sejak Rabu dini hari pukul 03.00 WIB. Dengan pengamanan gabungan dari Polres Grobogan dan Satpol PP, satu per satu jemaah haji keluar dari Pendopo untuk pulang ke rumahnya masing-masing.

Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan Ali Ichwan mengatakan, setelah mendarat di Bandara Adi Sumarno Solo pada Senin malam pukul 00.30 WIB, jemaah haji kloter 73 SOC langsung menuju asrama haji Donohudan terlebih dahulu untuk melakukan cek kesehatan dan cek administrasi.

“Dari Solo tadi pukul 02.00 WIB dini hari berangkat ke Grobogan, dan alhamdulillah selama perjalanan 2 jam lancar sampai Grobogan pukul 04.00 WIB tepat,” ungkap Ichwan.

Adapun jumlah jemaah haji kloter 73 SOC yang tiba kali ini menurut Ali Ichwan adalah sebanyak 203 orang, disusul kloter 74 berjumlah 349 orang dan terakhir kloter 75 berjumlah 336 orang.

“Awalnya calon jemaah haji yang berangkat berjumlah 893 orang, Namun karena ada satu jamaah yang meninggal karena sakit, yakni Ibu Hartini dari Desa Tirem Kecamatan Brati. Dan masih tertinggal satu atas nama pak Solikin yang dulunya masuk kloter 75 bergabung ke kloter 95 dikarenakan dulunya belum vaksinitis waktu pemberangkatan. Maka jemaah yang pulang kali ini 888 orang dalam kondisi sehat,” lanjutnya.

Bupati Grobogan, yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Sumarsono mengucapkan selamat datang kepada seluruh jamaah haji Kabupaten Grobogan di tanah air. Tidak lupa mengapresia kinerja Kementerian Agama yang telah menyelenggarakan pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Kabupaten Grobogan yang sukses dan lancar. Ia juga mengajak seluruh jamaah untuk mendoakan Ibu Hj.Hartini yang meninggal di tanah suci agar ditempatkan di sisi Allah SWT dan diampuni segala dosanya. Begitu juga keluarga yang ditinggalkan agar diberikan kekuatan dan ketabahan.

“Selamat datang kembali di kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga. Semoga menjadi haji yang mabrur. Hati hati pulang ke rumah,” ucap Sumarsono.

H. Ali Mutarom salah satu petugas TPHI jemaah haji kloter 74, saat ditemui mengucapkan syukur alhamdulillah. semua bisa kembali pulang dengan kondisi sehat dan lancar.

“Terima kasih kepada seluruh panitia baik dari Kementerian Agama Grobogan dan jajaran Pemkab Grobogan yang telah membantu dalam pemberangkatan dan pemulangan. Sehingga kami bisa beribadah dengan baik dan lancar. Alhamdulilah,” terangnya. (bd/gt)