Secara Simbolis, Menteri Agama Resmikan Gedung SBSN MTsN Surakarta 1

Surakarta – Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin (LHS) meresmikan Gedung SBSN  MTsN Surakarta 1, bersamaan Launching PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu), peresmian Balai Nikah, dan Manasik Haji, di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah di Semarang, Senin (31/12) kemarin. Peresmian yang dilakukan secara simbolis itu ditandai dengan penandatangan batu prasasti oleh menteri agama RI.

Hadir pada kesempatan itu Gubernur Jateng, Wakapolda Jateng, Gubernur Jateng, dan ASN di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jateng, serta tamu undangan.

Dalam sambutannya Menteri Agama menekankan pentingnya memberi nyawa pada gedung baru, baik itu gedung KUA maupun madrasah.  Memberikan  nyawa kepada gedung baru tersebut berarti memfungsikannya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Tidak hanya fisik yang bagus tetapi kualitas pelayanan juga harus bagus,” tegas Lukman Hakim Syaifudin.

Perlu diketahui, MTsN Surakarta 1 merupakan madrasah pertama yang dibangun dengan dana SBSN.  Gedung  tiga lantai yang dibangun untuk memenuhi  sarana dan prasarana dalam proses belajar mengajar itu setiap lantai terdiri dari tiga ruang kelas. Kesembilan ruangan itu akan digunakan pada semester genap ini.

Fasilitas yang tersedia pada setiap ruang kelas berupa 2 unit air conditioner, meja dan kursi siswa dan guru serta papan tulis glass board. Selain itu, di setiap lantai juga terdapat kamar mandi putra dan putri dan tempat wudhu. Tidak hanya itu, listrik gedung baru itu berkekuatan 33.000 watt dengan didukung generator berkekuatan 45.000 watt sebagai fasilitas penyerta. Dan yang tidak kalah menariknya, gedung baru itu juga dihiasi dengan taman yang cantik.

“Rencananya, lantai 1 akan ditempati kelas 9, lantai 2 kelas 8, dan lantai 3 kelas 7. Semester genap ini ada perubahan ruang yang cukup signifikan,” jelas Kuncoro, Waka Sarpras MTsN Surakarta 1.

Kepala MTsN Surakarta 1, Kirno Suwarto berharap dengan adanya ruang kelas baru itu, selain dapat mencukupi kebutuhan sarana dan prasarana, semoga kehadiran ruang kelas baru dapat menghadirkan semangat baru bagi segenap civitas akademika MTsN Surakarta 1 untuk lebih  berprestasi lagi. (diana_rma/Wul)