Sedan, Serambi Mekkahnya Rembang yang Cetak Hafidzoh Taraf Internasional

Rembang – Pada setiap perhelatan STQ dan MTQ di tingkat Kabupaten Rembang, Kecamatan Sedan hampir tidak pernah terkalahkan oleh kafilah dari kecamatan lain. Sudah puluhan kali, kafilah dari kota kecil yang dijuluki serambi Mekkahnya Sedan itu sudah memboyong piala bergilir STQ dan MTQ yang digelar tiap tahun ini.

Prestasi hafidz dan hafidzoh dari Sedan ini memang sudah tidak diragukan lagi. Lantaran, pesertanya sudah melanglang buana dari tingkat provinsi, bahkan hingga internasional.

Contohnya, Durrotul Muqoffa. Siapa yang tak kenal wanita berumur 21 tahun yang dipanggil Offa ini. Ofa baru saja mengikuti ajang Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) tingkat Internasional di Iran pada 19-27 April lalu.

Nama-nama lain yang familiar dari Kecamatan ini yaitu Zumrotul Luthfiyyah, Siti Mas’udah, dan Mas’adur Rofi. Mereka juga telah menjuarai MTQ dari tingkat provinsi hingga nasional.

Pada ajang STQ dan MTQ tahun ini, perolehan nilai prestasi pun lumayan jauh dari juara umum II dan III. Peserta dari kafilah Sedan ini menjuarai hHampir 80 persen dari seluruh cabang lomba.

Pembina Kafilah Sedan, Ni’amullah mengatakan, Kecamatan Sedan konsisten dalam membina putra-putri di bidang qur’an.

Melalui bimbingan yang intensif, pihaknya selalu memantau perkembangan dan pelatihan para hafidz/hafidzoh, utamanya menjelang pelaksanaan lomba.

Kejuaraan MTQ yang kerapkali disandang oleh putra dan putri Kecamatan Sedan ini membawa kebanggaan bagi mantan Anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Rembang ini. “Kami banggai bisa turut mmebawa nama harum Rembang di kancah provinsi, nasional, hingga internasional ini,” ujarnya. — ss/bd