Sedih Bercampur Bahagia Saat Melepas Calon Jamaah Haji

Tegal – Walikota Tegal Siti Masitha Soeparno sempat menitikkan air mata saat pelepasan keberangkatan Jema’ah Calon Haji tahun 1437H/2016M, Senin (22/08) di Pendopo Kota Tegal. Sebanyak 203 orang calon jemaah haji (CJH) Kota Tegal berangkat tahun ini.

Rasa haru, bahagia, bercampur sedih tidak bisa menutupi wajahnya yang anggun, mengingat ada salah satu CJH yang sudah lansia yaitu berumur 90 th atas nama Tumin Mukijar, seorang nenek yang sudah renta dengan kulit yang keriput namun tetap semangat dalam rangka memenuhi panggilan Allah SWT. Secara resmi Pelepasan keberangkatan jema’ah  tahun 1437H/2016M dilaksanakan langsung oleh Walikota Tegal pada pukul 08.30 WIB.

“Petugas Haji harus siap melayani semua jemaah dengan sabar dan ikhlas,” ujar Walikota saat pelepasan. Disamping itu juga ia pun menyempatkan untuk menemani sekaligus menyalami satu persatu CJH se-Kota Tegal saat pelepasan di Pendopo sampai bisa bertukar cerita secara langsung.

Beliau pun mengatakan bahwa jutaan manusia yang berbeda ras, suku dan negara saat ini berkumpul menjadi satu dengan niat yang sama yaitu memenuhi panggilan Alloh SWT untuk mencari ridha Nya.

“Oleh karena itu kepada semua jemaah Kota Tegal untuk tetap sabar, ikhlas dalam menjalani rangkaian ibadah haji serta diiringi dengan selalu berdo’a kepada Allah ditempat-tempat yang makbul, khusus untuk keluarga kita, saudara kita dan pemimpin-pemimpin kita untuk tetap tabah dan penuh semangat dalam memimpin Kota Tegal supaya menjadi Kota yang Baldatun Thoyyibatun Warobbun Ghofur,” harap Masitha.

Ia menutup pelepasan dengan mengucapkan doa dan harapan. “Semoga kita semua dapat berangkat dan pulang dengan selamat, berangkat dan pulang dengan jumlah yang sama dengan membawa sebuah predikat haji yang mabrur,” tutupnya. (IM/gt)