Seksi PAKIS Sosialisasikan Pendataan EMIS TPQ

Karanganyar – Dalam rangka mengakomodir pendataan EMIS TPQ, PAKIS adakan sosialisasi EMIS TPQ di KUA Kec. Mojogedang & Jatipuro pada Rabu, (06/2). Aris Sugiyanto staf PAIS, selaku penanggung jawab EMIS TPQ, menyampaikan bahwa Sosialisasi EMIS ini diadakan karena munculnya berbagai kendala dilapangan. Hal ini terjadi karena EMIS masih sangat awam bagi para uztad dan uztazah TPQ.

“Mereka para uztad TPQ masih awam dengan EMIS, jadi beberapa kendala muncul dilapangan. Untuk mengakomodir itu semua maka diadakan sosialisasi ini agar mereka tidak kesulitan nantinya,” ujar Aris.

Aris juga menambahkan, minimnya sumber daya manusia di TPQ yang faham IT membuat para uztad di TPQ sedikit kewalahan. Karena selama ini yang mengampu TPQ di masjid – masjid kebanyakan adalah para bapak dan ibu yang minim generasi mudanya.

“Regenerasi saat ini sangat diharapkan agar EMIS dapat diakses dengan baik, karena selama ini yang mengampu TPQ di masjid – masjid adalah para bapak dan ibu yang usianya sudah mulai menua. Sehingga diharapkan kesadaran dari generasi muda untuk ikut menghidupkan dan ikut aktif terjun di TPQ,“ tambah Aris

Dengan adanya pendataan EMIS ini diharapkan nantinya dapat menjadikan pendorong kemajuan TPQ ataupun MADIN, yang selama ini sulit untuk maju dan berkembang karena kendala operasional dan SDM uztad/ah. Kedepan Uztad/ah yang dilaporkan pada pendataan EMIS ini akan ada insentif yang diharapkan dapat menumbuhkan semangat juang para pengajar Quran ini.(ida-hd/sua)