Selama Ujian, Madrasah Sediakan Sarapan Gratis

Semarang – Pada hari pertama pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) SD/MI di Kota Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang Muh Habib melakukan monitoring di MIN Kota Semarang, Senin (15/05). Monitoring bertujuan melihat secara langsung pelaksanaan ujian terkait dengan persiapan yang dilakukan madrasah, peserta dan pengawas, serta sarana prasarananya.

Kakankemenag menyampaikan bahwa pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) SD/MI merupakan program pemerintah sehingga semua pihak yang terlibat harus berusaha maksimal untuk mensukseskannya.

Kepala Madrasah yang juga Ketua Penyelenggara US/M di MIN Kota Semarang, Subiyono melaporkan bahwa madrasahnya telah memenuhi syarat sebagai madrasah penyelenggara US/M. “Madrasah kami telah terakreditasi, melakukan validasi data peserta ujian melalui EMIS, dan menerima Daftar Nominasi Tetap (DNT) peserta ujian dari Dinas Pendidikan Kota Semarang,” terang Subiyono.

Kakankemenag menanyakan persiapan yang dilakukan dalam upaya meraih hasil maksimal dalam ujian. Kamad menjelaskan, dalam rangka mengasah kemampuan siswa telah dilaksanakan try out US/M sebanyak 5 tahap. Tahap pertama 14 sd 16 Februari, tahap kedua 7 sd 8 Maret, tahap ketiga 21 sd 22 Maret, tahap keempat 3 sd 4 April, dan  tahap kelima 27 sd 29 April 2017. “Pada try out ketiga, 5 siswa memperoleh nilai 100 pada mapel Matematika,” ujar Subiyono.

Sebagai antisipasi jika ada siswa yang tidak sempat sarapan pagi, selama US/M berlangsung, setiap pagi siswa difasilitasi sarapan pagi secara gratis.

Pada kesempatan tersebut Muh Habib meninjau beberapa ruang yang digunakan untuk peserta ujian, termasuk ruang pengawas dan sekretariat. Ditanyakan juga tentang kualitas naskah soal dan cetakan naskah, yang semua dalam kondisi baik dan cukup jelas.

Muliyanto Ketua Panitia Pelaksana menjelaskan, Pengawas ujian dilakukan sistem silang antar sekolah/madrasah berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Nomor 423.7/1681 tentang Penunjukan Pengawas Ruang, Penyelenggara Ujian Sekolah/Madrasah pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidayah Kota Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017.

Berdasarkan hasil pantauan Muh Habib menyimpulkan bahwa pelaksanaan US/M di MIN Kota Semarang telah terencana dan terlaksana dengan baik. ”Alhamdulillah di hari pertama ini, semua lancar. Semoga sampai akhir pelaksanaan ujian dapat berjalan tanpa kendala. Kita do’akan agar para siswa diberikan kemudahan dalam mengerjakan soal ujian dan memperoleh hasil yang maksimal,” harap Kakankemenag.(sby-ch/gt)