Seleksi GTK Madrasah Jateng 2018, Ini Para Pemenangnya

Semarang, (Penmad) – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah melalui Bidang Pendidikan Madrasah, melakukan seleksi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) berprestasi tahun 2018. Seleksi dilakukan melalui lomba GTK tingkat provinsi yang diselenggarakan di Hotel Candi Indah Semarang, tanggal 29-31 Agustus 2018.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Saifulloh menuturkan, bahwa Penyelenggaraan Lomba GTK Berprestasi Tingkat Provinsi merupakan langkah Kanwil Kemenag Jateng dalam upaya mendorong dan meningkatkan motivasi dan profesionalisme guru, kepala, pengawas, laboran, dan pustakawan madrasah dalam melaksanakan tugas. “Selain itu juga untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Guru dan tenaga kependidikan madrasah yang memiliki kompetensi, dedikasi dan prestasi dalam menjalankan tugasnya,” tutur Saifulloh.

Sementara itu Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Siti Mutmainah menjelaskan, lomba GTK kali ini terbagi menjadi 11 kategori, yaitu kategori Kepala RA, Kepala MI, Kepala MTs, Kepala MA, Guru RA, Guru MI, Guru MTs, Guru MA, Pengawas, Pustakawan, dan Laboran Madrasah. “Lomba GTK ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan, mulai dari verifikasi dokumen pendaftaran, penilaian dokumen portofolio dan karya tulis ilmiah hingga seleksi akhir,” kata Siti Mutmainah.

Seleksi tahap akhir, lanjut Siti Mutmainah, yaitu dengan mengundang para finalis pada acara final Lomba GTK Madrasah untuk mempresentasikan hasil karya ilmiahnya di hadapan dewan Juri. Tim penilai/juri adalah para akademisi dari beberapa Perguruan Tinggi yaitu UIN Walisongo Semarang, Universitas Wahid Hasyim (UNWAHAS), dan Universitas Negeri Semarang (UNNES).

“Final Lomba GTK diikuti oleh 6 Kepala RA, 6 Kepala MI, 6 Kepala MTs, 4 Kepala MA, 5 Guru RA, 6 Guru MI, 6 Guru MTs, 6 Guru MA, 5 Pengawas, 5 Pustakawan dan 5 Laboran Madrasah,” tutur Mutmainah.

Siti Mutmainah menambahkan, para juara pertama lomba GTK madrasah untuk setiap kategori mendapatkan tropi dan uang pembinaan masing-masing sebesar 3,5 juta (juara I) 2,5 juta (juara II), dan 2 juta (juara III).

Berikut ini adalah para pemenang/juara pertama Lomba GTK Berprestasi Tahun 2018: Istikomah, Kota Pekalongan (Kategori Guru RA), Supriyadi, Kab. Karanganyar (Kategori Guru MI), Nur Khamim, Kota Salatiga (Kategori Guru MTs), Rusdi Mustapa, Kota Surakarta (Kategori Guru MA), Desy Lisnayanti, Kab. Sukoharjo (Kategori Kepala RA), Makruf Widodo, Kab. Kebumen (Kategori Kepala MI), Agus Pristiawan, Kab. Semarang (Kategori Kepala MTs), Sa’idah, Kab. Rembang (Kategori Kepala MA), IDI Joko Sudono, Kab. Semarang (Kategori Pengawas Madrasah), Yusuf Hadiyono, Kab. Wonosobo (Kategori Pustakawan), Sutrisno, Kab. Pati (Kategori Laboran). Para pemenang juara I tersebut akan mewakili Jawa Tengah pada kompetisi yang sama di tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI pada bulan Oktober mendatang.(asym/sua)