Seleksi KSM dan Aksioma Tingkat Kecamatan Kranggan

Temanggung Menjelang Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten yang akan datang, KKM MI Kecamatan sudah melakukan berbagai persiapan.Termasuk menyelenggarakan seleksi di tingkat Kecamatan yang melibatkan siswa-siswi MI.

Hal serupa terlihat di  MI Miftakhul Huda Bengkal, Senin (19/11) ramai terlihat anak anak MI dari wilayah Kranggan mengikuti seleksi Aksioma dan KSM. Kegiatan tersebut dibuka oleh Nurnaningsih pengawas MI Kecamatan Kranggan.

Dalam sambutannya, Nurnaningsih menyampaikan, “Aksioma dan KSM merupakan sebuah ajang bagi madrasah untuk mengetahui sekaligus proses memetakan siswa-siswi yang berpotensi di bidang seni, olahraga dan sains.  Dari data hasil kegiatan ini akan menjadi awal pembinaan oleh guru terkait untuk dipetakan sesuai dengan bakat yang dimiliki, dan kegiatan ini sekaligus merupakan sebuah upaya untuk mengetahui kemampuan siswa di bidang non akademik dan akademik untuk selanjutnya dikirim ke lomba Aksioma dan KSM yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama,” tutur Nurnaningsih.

Sementara itu, Subkhan, selaku ketua penyelenggara menjelaskan bahwa kegiatan seleksi Aksioma dan KSM meliputi berbagai jenis lomba diantaranya bidang seni al Tahfiz,Tartil, tilawah, pidato bahasa Jawa, pidato bahasa Indonesia. Dari bidang olah raga catur, tenis meja, bulu tangkis, lari. Sedangkan KSM  meliputi mata pelajaran matematika dan sains.

“Tujuan lomba ini disamping untuk menyiapkan lomba serupa di tingkat Kabupaten, juga untuk menyiapkan lomba Porsema Maarif, yang akan dilaksanakan pertengahan tahun 2019,” jelas Subkhan, saat ditanya mengenai tujuan lomba. Untuk itu diharapkan dari lomba kali ini yang sekalgus untuk multievent dapat menemukan juara yang dapat berprestasi tingkat kabupaten bahkan sampai nasional.(sr-nm/sua)