Seleksi Pentas PAI Mendapatkan Siswa-Siswi Berpotensi dan Berkualitas

Temanggung – Dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi pentas PAIS tingkat Provinsi, Kasi Pendidikan Agama Islam, Kamis (3/8) menyelenggarakan Lomba Pentas PAI mulai dari jenjang TK,SD, SMP, SMA/SMK Se Kab.Temanggung.

Kegiatan yang mengambil tema “Melalui Seleksi Pentas PAI Tingkat Kabupaten Temanggung Tahun 2017 kita jaring siswa-siswi berpotensi dan berkualitas” dibuka secara resmi oleh Kepala Subbag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung. Dalam sambutannya beliau mengatakan Pentas PAI SD, SMP, SMA dan SMK adalah wahana kompetensi peserta didik dalam berbagai jenis keterampilan agama yang diselenggarakan mulai tingkat sekolah, gugus, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi sampai dengan tingkat nasional. Kegiatan Pentas PAI selain dapat berfungsi sebagai salah satu tolak ukur kompetensi dan prestasi peserta didik di bidang PAI dan wahana syiar Islam, juga untuk memotivasi peserta didik agar lebih bergairah mempelajari, memahami, mencintai dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agama Islam.

Dalam sambutannya, Ahmad Sugijarto antara lain mengatakan bahwa dalam kegiatan ini selain kegiatan atau ajang untuk mencari prestasi juga sebagai ajang ukhuwah Islamiyah untuk menjalin silaturahmi sesama muslim khususnya dikalangan pelajar antar sekolah. “Dalam lomba ini tidak ada istilah musuh dan lawan, semuanya teman, semuanya saudara muslim.” Katanya.  Hanya saja di ajang ini masing-masing peserta yang sudah ditunjuk dari sekolahnya harus bisa bersaing dan berkompetisi untuk menampilkan prestasi terbaiknya sesuai cabang lomba yang diikuti.

Dan yang lebih penting lomba ini  semata-mata tidak hanya mencari juara, tapi yang lebih penting lagi adalah : Pertama untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah dan tali silaturohmi serta untuk menjalin persaudaraan hamba Allah yang seiman dan seakidah, dan  Kedua untuk memberi kesempatan pada anak-anak agar senantiasa meningkatkan kwalitas pemahaman, penghayatan dan pengamalannya terhadap Islam.

Ikuti seleksi Pentas PAI ini dengan serius dan sebaik-baiknya, tunjukkan kemampuan maksimal yang kalian miliki. Tampil dengan penuh percaya diri, kalah menang itu soal nanti yang penting berani unjuk kebolehan

Sementara Yusuf Purwanto, selaku Plt. Kasi PAIS  menjelaskan bahwa kegiatan hari ini Kamis (3/8) pesertanya dari tingkat TK,SD, SMP, SMA/SMK SMA/SMK se Kabupaten Temanggung. Masih menurut Yusuf Purwanto kegiatan ini bertujuan untuk menggali kompetensi siswa di bidang keagamaan dan sekaligus dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi pentas PAIS Tingkat Provinsi Jawa Tengah mendatang, ujarnya. Aneka lomba yang diseleksikan adalah Pidato SD, SMP, SMA/SMK  Pa/Pi, MHQ SD, SMP Pa/Pi, dan Kaligrafi SMP. (sr/Af)