Seluruh MA di Kendal Siap Laksanakan UNBK

Kendal – Ujian Nasional memang masih akan berlangsung pada bulan April sampai Mei 2017 nanti, tapi beberapa Madrasah di Kabupaten Kendal menyatakan sudah siap untuk melaksanakan ujian. Ujian Nasional tahun ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia berencana memperluas Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang tentunya memerlukan sumber daya yang mencukupi.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal Nur Qoidah memaparkan, seluruh Madrasah Aliyah di Kendal sejumlah 14 lembaga siap mengadakan UNBK. “Sebelumnya sudah dilaksanakan pendataan siswa, penyiapan server dan komputer serta jaringan sudah siap,” ujar Nur Qoidah, Kamis (02/02).

Nur Qoidah menambahkan, Madrasah sudah pernah mengadakan Simulasi UNBK tahap pertama bulan November lalu dan akan kembali mengadakan Simulasi tahap II besok tanggal 20 Februari 2017. ” Simulasi tahap II diharapkan diikuti seluruh siswa sebagai persiapan tes yang sebenarnya,” tambahnya

Sementara untuk persiapan teknis, Nur Qoidah mengatakan, madrasah telah menyiapkan PC Unit namun masih ada kekurangan sehingga harus meminjam laptop milik guru. “komputer untuk pelaksanaan UNBK sudah disiapkan, kekurangannya dibantu oleh laptop guru,” katanya.

Sementara itu, Untuk Madrasah tingkat Tsawaniyah Nur Qoidah menambahkan, dari 45 Madrasah baik Negeri atau Swasta baru 12 lembaga yang sudah menyatakan siap melaksanakan UNBK atau sekitar 27 % saja yang akan menggunakan ujian berbasis Komputer di tahun 2017 ini.

“Tahun 2017 12 MTs yang akan melaksanakan UNBK, semoga tahun depan semakin meningkat,” imbuhnya

Nur Qoidah mengatakan, walaupun dari segi madrasah sudah siap, ternyata masih ada permasalahan yang terjadi di UNBK. “Kendala dalam UNBK biasanya adalah listrik yang padam, jadi kita berharap untuk kelancaran aliran listrik selama UNBK,” katanya.

Permasalahan yang dikhawatirkan timbul selain padamnya aliran listrik adalah koneksi internet yang tidak bagus yang tentunya mengganggu konsentrasi siswa yang mengikuti ujian, Nur Qoidah berharap ujian nasional nanti bisa berjalan lancar tanpa adanya masalah teknis.

“Semoga UNBK berjalan lancar tanpa kendala berarti dan Siswa mendapatkan hasil terbaik untuk ujian nasional nanti,” pungkasnya (ja/gt)