Semarak Muharram, Tahun Baru 1437 H Kabupaten Purbalingga

Purbalingga – Muharram adalah bulan yang mulia. Karena pada bulan Muharram ini terjadi banyak peristiwa penting dan bersejarah bagi kebangkitan Islam di berbagai dunia. Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim sering kali lupa bahwa Islam memiliki tahun baru. Banyak muslim yang melewatkannya begitu saja. Padahal tahun baru Islam bisa menjadi momentum untuk sarana/muhasabah perbaikan diri, masyarakat, dan bangsa.

Oleh karena itu bertepatan dengan Bulan Muharram 1437 Hijriyah yang merupakan tahun baru Islam, Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga dan Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga sebagai leading sektor keagamaan dan kepemerintahan akan mengadakan serangkaian acara dengan nama Semarak Muharram, Tahun Baru 1437 H Kabupaten Purbalinngga.

Berbagai kegiatan telah disiapkan oleh panitia Tahun Baru Muharram 1437 Hijriyah. Pawai Taarif menjadi pembuka semarak Muharram 1437 Kab Purbalingga yang dilaksanakan pada Hari Rabu tanggal 1 Muharram 1437 yang bertepatan dengan tanggal (14/10). Pawai ini diikuti oleh berbagai elemen yaitu santri Madrasah Diniyah dan Taman Pendidikan Al Quran serta santri Madrasah Ibtidaiyah dan Tsanawiyah dengan dikuti sebanyak 5.500 santri.

”Ajang ini merupakan ajang tahunan yang paling ditunggu oleh para santri,karena pada moment ini semua elemen tersebut diatas bisa berkumpul, bersilaturahmi bersama, serta untuk refreshing para santri yang setiap hari hanya mengaji sekaligus ajang syiar dan dakwah sambil menunjukan kebolehan dari masing-masing lembaga,” seperti yang disampaikan oleh ketua panitia kegiatan Syarif Hidayat.

Setelah berpawai keliling kota Purbalingga dengan diirngi berbagai group Drumband , para santri peserta pawai taaruf beristirahat di pendopo Kabupaten Purbalingga sambil mendengarkan cerita Islami dengan tema “ Santri Purbalingga yang Cerdas,Ceria dan Soleh” disampaikan oleh pendongeng muda jebolan STAIN Purwokerto kak Alvian.

Semarak Muharram yang kedua akan diisi dengan pengajian akbar di pendopo Dipokusumo Kab Purbalingga pada tanggal 16 Oktober 2015 yang akan diisi oleh Guru Besar UIN Yogyakarta Bapak Prof Dr. Yudian Wahyudi.

Tidak ketinggalan untuk memeriahkan semarak Muharram 1437 H pada tanggal 7 November 2015 pukul 08 .00 Wib sambil mncari bibit dai masa depan maka Panitia Gebyar Muharram akan mengadakan lomba PILDACIL yang dikuti oleh para santri TPQ putra maupun putri yang maksimal berumur 12 th.Sebagai penutup kegiatan pada hari dan tanggal yang sama dan dimulai pada pukul 15.30 Wib akan digelar Festival Qasidah Modern utusan dari Kecamatan se Kabupaten Purbalingga bertempat di alun-alun Purbalingga