Semarak peringatan HAB ke-70 di Banjarnegara

Banjarnegara – Moment Hari Amal Bhakti (HAB) tahun ini memberikan semangat khusus bagi Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara. Semangat tersebut terpancar saat Upacara memperingati HAB Ke-70 Kementerian Agama RI, Ahad ini (03/01). Seragam baru resmi dikenakan sesuai edaran Sekjen Kemenag RI dan Kanwil Kementerian Agama Prov. Jateng, sebagai instansi pusat menjadikan kegiatan rutin ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Upacara dilaksanakan tepat jam 08.30 dengan pembina Upacara Bupati Banjarnegara, Sutedjo Slamet Utomo. Bertempat di Alun-alun Kabupaten dihadiri 7,000 peserta lebih hadir pada kegiatan resmi ini. Berkenan Bupati menyampaikan pidato Menteri Agama RI pada HAB. Ke-70 Kementerian Agama RI.

Melalui tema “Meneguhkan Revolusi Mental untuk Kementerian Agama yang Bersih dan Melayani”, termaktub harapan besar dan semangat tinggi menyongsong Kementerian Agama lebih baik dalam birokrasi dan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam sejarah, 3 Januari 1946 sebagai tonggak berdirinya Kementerian Agama. Sebagai keluarga Kementerian Agama harus bisa mensyukuri dan semangat tidak akan pernah padam di usia 70 tahun, guna menjaga dan memelihara warisan pendiri dan para pendahulu Kemenag RI ini, demikian tersirat dalam pidato.

Sutedjo berharap Kementerian Agama ke depan perlu mempertajam fokus program dan memperkuat sinergi dengan segenap pemangku kepentingan. Dengan satker paling banyak, Kemenag lebih bisa menyumbangkan kontribusinya bagi kesejahteraan bangsa, pembangunan manusia dan kebudayaan.

Ditempat terpisah Kepala Kantor Kemenag Banjarnegara, Farhani mengatakan bahwa Kementerian Agama sedang meluncurkan program bimbingan pranikah atau Kursus Calon pengantin yang mulai terlaksana akhir tahun 2015. Program ini bertujuan untuk mengatasi masalah sosial terkait angka perceraian dan membangun ketahanan keluarga sejak dini.

Adapun peserta bimbingan pra nikah adalah pelajar tingkat menengah atas yang mulai siap masuk usia nikah. Usia sekolah siswa akhir sekolah diharapkan memilik bekal pengetahuan tentang pernikahan untuk calon pengantin yang siap secara ilmu, agama dan kesiapan mental melalui pengetahuan kesehatan.

Diakhir upacara di lakukan pembagian Al-Qur`an secara simbolis kepada 3 lembaga Keagamaan, Pemberian Zakat Produktif dan konsumtif perwakilan kepada 9 orang, serta pemberian penghargaan juara lomba AKIRA tingkat Kab kepada siswa dan official Roudlotul Atfal (RA).

Kegiatan upacara dihadiri oleh Wakil Bupati, Forkominda, Sekda Kabupaten, Mantan Kepala Kemenag, Kasi dan Penyelenggara, Pengawas, Kepala KUA Kecamatan, Pegawai Kantor Kemenag, Ibu Dharmawanita, Penyuluh PNS dan Non PNS, Guru PNS dan Pegawai Non PNS di Lingkungan Kementerian Agama Kab. Banjarnegara. (Nangim/gt)